Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Mental Accounting, dan Tagline “Gratis Ongkir” terhadap Pembelian Impulsif pada Penggunaan E-Commerce TikTok Shop

FATHARANI, Nabila Fariha (2025) Pengaruh Mental Accounting, dan Tagline “Gratis Ongkir” terhadap Pembelian Impulsif pada Penggunaan E-Commerce TikTok Shop. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (323kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (478kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (448kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (562kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2026.

Download (641kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (323kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf

Download (439kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nabila Fariha Fatharani-C1C021115-Skripsi-2025.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai perilaku pembelian impulsif mahasiswa pada e-commerce TikTok Shop. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Mental Accounting, dan Tagline ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Pembelian Impulsif Pada Penggunaan E-Commerce TikTok Shop”. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kondisi dimana mahasiswa memiliki tingkat penggunaan e-commerce tinggi sehingga memicu tindakan pembelian impulsif. Fenomena tersebut menandakan kemudahan digital menjadi pengaruh besar atas keberlangsungan mental accounting. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh mental accounting, dan tagline ‘gratis ongkir’ terhadap pembelian impulsif pada penggunaan e-commerce TikTok Shop. Theory Planned Behavior (TPB) yang dikemukakan oleh Ajzen (1991) menjadi teori dalam penelitian ini. Ajzen (1991) menjelaskan mengenai intensi, mengenai seberapa besar usaha yang dikorbankan dalam melakukan sesuatu. Terdapat tiga faktor yang mendukung teori ini, yaitu faktor sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan persepsi terhadap kontrol perilaku. Teori ini menjadi dasar pembentukan hipotesis penelitian dimana semakin besar tingkat mental accounting, dan tagline ‘gratis ongkir’ akan sejalan dengan semakin besarnya pembelian impulsif mahasiswa pada penggunaan e-commerce TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Jenis data yang digunakan penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel penelitian yaitu purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 82 mahasiswa/i Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman tahun angkatan 2021, 2022, dan 2023. Jumlah sampel penelitian yang digunakan ditentukan menggunakan rumus slovin karena sudah diketahui jumlah populasi objek yang akan digunakan pada penelitian. Metode pengukuran variabel menggunakan skala likert pada variabel pembelian impulsif, mental accounting, dan tagline ‘gratis ongkir’. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, dan uji ketetapan moden dan hipotesis (uji koefisien determinasi, uji f, dan uji t). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) memberikan bukti bahwa: (1) mental accounting berpengaruh positif signifikan terhadap pembelian impulsif, (2) tagline ‘gratis ongkir’ berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pembelian impulsif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa mental accounting yang semakin tinggi sejalan dengan semakin tingginya pembelian impulsif mahasiswa pada penggunaan e-commerce TikTok Shop. Semakin tingginya tagline ‘gratis ongkir’ belum mampu memengaruhi pembelian impulsif mahasiswa pada penggunaan e-commerce TikTok Shop. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu sebagai bukti atas Theory Planned Behavior pada mahasiswa/i sebagai konsumen aktif di e-commerce sebaiknya menerapkan budgeting yang lebih realistis dan menyadari bahwa promosi seperti gratis ongkir dapat memicu rasa “berhemat”, namun sebenarnya menyebabkan pengeluaran yang tidak direncanakan. Keterbatasan penelitian ini yaitu periode pengambilan data dalam penelitian ini bertepatan dengan keberlangsungan mahasiswa program studi akuntansi tahun angkatan 2022 melakukan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sehingga mengalami kendala dalam pencarian responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25340
Uncontrolled Keywords: Mental Accounting, Tagline ‘Gratis Ongkir’, Pembelian Impulsif
Subjects: P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Nabila Fariha Fatharani
Date Deposited: 09 Jul 2025 01:23
Last Modified: 09 Jul 2025 01:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34761

Actions (login required)

View Item View Item