SANI, Rizky Kurnia (2016) Kajian Yuridis terhadap Perlindungan Penumpang sebagai Konsumen Kereta Commuter Line Pada PT. KAI Commuter Jabodetabek Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-RIZKY KURNIA SANI E1A011085 -2016.pdf Download (521kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-RIZKY KURNIA SANI E1A011085 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-RIZKY KURNIA SANI E1A011085 -2016.pdf Download (577kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-RIZKY KURNIA SANI E1A011085 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 11 July 2026. Download (800kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-RIZKY KURNIA SANI E1A011085 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 11 July 2026. Download (696kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-RIZKY KURNIA SANI E1A011085 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 11 July 2026. Download (618kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-RIZKY KURNIA SANI E1A011085 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-RIZKY KURNIA SANI E1A011085 -2016.pdf Download (532kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-RIZKY KURNIA SANI E1A011085 -2016.pdf Download (608kB) |
Abstract
Pengangkutan memiliki peran kontribusi sebagai penunjang perekonomian daerah dan nasional. Mobilitas masyarakat ekonomi sangat tergantung dengan kelancaran pengangkutan. Pengangkutan massal dengan menggunakan kereta Commuter Line menjadi primadona masyarakat wilayah Jabodetabek untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Banyakanya keunggulan yang dimiliki kereta Commuter Line menjadi daya tarik konsumen. PT. KAI Commuter Jabodetabek selaku pelaku usaha memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan memperhatikan hak-hak konsumen. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan penumpang sebagai konsumen kereta Commuter Line pada PT. KAI Commuter Jabodetabek berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder dari bahan kepustakaan yang didukung dengan data primer dari hasil wawancara. Data diuraikan dalam bentuk teks naratif secara sistematis. Data-data yang diperoleh dianalisa dan dijabarkan berdasarkan norma hukum yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan PT. KAI Commuter Jabodetabektelah memenuhi hak-hak konsumen dan tanggung jawab pelaku usaha, walaupun masih ada kekurangan satu dua hal. Akan tetapi kekurangan yang masih ada masih dalam tahap perbaikan untuk memaksimalkan pelayanan.Pemberian fasilitas tambahan seperti kereta khusus wanita yang tidak diatur khusus dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian menjadi bukti PT. KAI Commuter Jabodetabek ingin lebih memberi rasa aman kepada konsumennya.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E16114 |
| Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Konsumen, Kereta Commuter Line, PT. KAI Commuter Jabodetabek |
| Subjects: | C > C792 Consumer protection |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:57 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 01:57 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
