WICAKSONO, Dimas (2016) Tanggung Jawab Pelaku Usaha Jasa Pengiriman Barang di ESL EXPRESS (PT. EKA SARI LORENA) Kantor Perwakilan Purwokerto Berdasarkan Undang-Undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-DIMAS WICAKSONO-E1A110008-2016.pdf Download (592kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-DIMAS WICAKSONO-E1A110008-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-DIMAS WICAKSONO-E1A110008-2016.pdf Download (771kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-DIMAS WICAKSONO-E1A110008-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 14 July 2026. Download (579kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-DIMAS WICAKSONO-E1A110008-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 14 July 2026. Download (749kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-DIMAS WICAKSONO-E1A110008-2016.pdf Restricted to Repository staff only until 14 July 2026. Download (584kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-DIMAS WICAKSONO-E1A110008-2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-DIMAS WICAKSONO-E1A110008-2016.pdf Download (549kB) |
Abstract
Penyelenggaraan pengangkutan di dalamnya terdapat dua kepentingan yang saling berkaitan yaitu kepentingan Konsumen selaku pengguna jasa dan kepentingan Pelaku Usaha selaku penyedia jasa. Berkaitan dengan pengangkutan pengiriman barang, permasalahan yang sering timbul misalnya keterlambatan, kerusakan dan kehilangan atas suatu barang. ESL EXPRESS (PT. EKA SARI LORENA) merupakan salah satu badan penyelenggara pengangkutan barang yang tidak terlepas dari permasalahan itu, seperti skripsi yang peneliti susun dengan judul Tanggung Jawab Pelaku Usaha Jasa Pengiriman Barang di ESL EXPRESS (PT. EKA SARI LORENA) Kantor Perwakilan Purwokerto Berdasarkan Undang- Undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan npendekatan perundang-undangan (Statute Approach) yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder dari bahan kepustakaan yang didukung dengan data primer dari hasil wawancara. Data diuraikan dalam bentuk teks naratif secara sistematis. Metode analisis data yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ESL EXPRESS (PT. EKA SARI LORENA) sudah menjalankan tanggung jawabnya berupa pemberian ganti kerugian terhadap konsumen akan tetapi belum dapat dikatakan telah memenuhi asas itikad baik yang terdapat pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E16121 |
| Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab, Pengangkutan Barang, ESL EXPRESS (PT.EKA SARI LORENA) |
| Subjects: | C > C792 Consumer protection |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:26 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 08:26 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
