Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Waktu Tunggu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poliklinik Interna RST Wijaya Kusuma Purwoerto

MEGANTARA, Tiara Melodi (2018) Pengaruh Waktu Tunggu Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poliklinik Interna RST Wijaya Kusuma Purwoerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 cover.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf

Download (670kB)
[img] PDF (BabI)
4 bab I.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2026.

Download (676kB)
[img] PDF (BabII)
5 Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2026.

Download (721kB)
[img] PDF (BabIII)
6 Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2026.

Download (688kB)
[img] PDF (BabIV)
7 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] PDF (BabV)
8 Bab V.pdf

Download (662kB)
[img] PDF (DaftarPutaka)
9 dapus.pdf

Download (677kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Rumah sakit merupakan tempat pemberi pelayanan kesehatan yang harus memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Pelayanan rawat jalan adalah pelayanan mayor dalam sistem pelayanan kesehatan dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya pelayanan kesehatan. Untuk mendapatkan proses pelayanan kesehatan, pasien harus menjalani proses menunggu. Proses menjalani waktu tunggu dalam memperoleh pelayanan kesehatan menjadi masalah di banyak sistem pelayanan kesehatan terkait dengan efisiensi. Waktu tunggu pasien merupakan salah satu komponen yang mempunyai potensial menyebabkan ketidakpuasan. Sejumlah penelitian terkait hubungan antara waktu tunggu dan kepuasan pasien dalam lingkup pelayanan kesehatan dilakukan sebagian besar pada lingkup departemen kegawatdaruratan dan hal tersebut tidak dapat diaplikasikan pada lingkup pelayanan rawat jalan. Hal tersebut yang menjadikan peneliti tertarik melakukan penelitian terkait dengan hubungan antara waktu tunggu dan kepuasan pasien. Penelitian menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional di di Poliklinik Interna RST Wijaya Kusuma Purwokerto. Pengambilan data berupa pengisian kuesioner dilakukan pada saat jam pelayanan rawat jalan berlangsung, setelah pasien mendapatkan pelayanan kesehatan. Responden dalam penelitian ini adalah pasien di RST Wijayakusuma Purwokerto yang berjumlah 116 orang dengan 49 orang (42,20% ) adalah responden perempuan dan 67 orang (57,80% ) adalah laki-laki. Analisis Regresi Linear Sederhana dilakukan untuk mengetahui hubungan variabel independen (waktu tunggu) dengan kepuasan pasien di Poliklinik Interna RST Wijayakusuma Purwokerto, dan diperoleh Konstanta (a ) = 35,055, menunjukan harga konstan, dimana jika nilai variabel X = 0, maka kepuasan pasien bernilai (Y ) = 35,055, koefisien X (b) = -0,031 menunjukan bahwa variabel waktu tunggu berpengaruh negatif terhadap kepuasan pasien. Dengan kata lain, jika waktu tunggu mengalami peningkatan satu menit maka kepuasan pasien akan menurun sebesar 0,031. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini maka beberapa saran dapat dikemukakan diantaranya sebagai berikut, yaitu manajemen rumah sakit melakukan evaluasi terkait dengan waktu tunggu secara berkala demi tercapainya waktu tunggu yang memenuhi standar, manajemen rumah sakit melakukan evaluasi berkala terkait demgan kepuasan pasien, dan manajemen rumah sakit memiliki standar pelayanan minimal terhadap waktu tunggu pasien yang jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien Rawat Jalan, Rumah Sakit
Subjects: H > H55 Health facilities
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mr Fathu Rahman Rosyidi
Date Deposited: 15 Jul 2025 01:38
Last Modified: 15 Jul 2025 01:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34869

Actions (login required)

View Item View Item