DEWI, Ajeng Mutiara (2025) Translasi dan Validasi Instrumen Arc’s Self- Determination Scale untuk Anak Tunarungu dalam Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
![]() |
PDF (Cover)
COVER-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Download (222kB) |
![]() |
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Download (354kB) |
![]() |
PDF (BabI)
BAB-I-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
![]() |
PDF (BabII)
BAB-II-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
![]() |
PDF (BabIII)
BAB-III-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
![]() |
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
![]() |
PDF (BabV)
BAB V-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Download (303kB) |
![]() |
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Download (280kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ajeng Mutiara Dewi-I1B021050-SKRIPSI-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Data statistik pendidikan tahun 2024 menunjukkan jumlah populasi siswa terbesar adalah tunarungu. Siswa tunarungu memiliki potensi intelektual yang dapat diberdayakan namun, pemberdayaan diri memerlukan determinasi diri yang baik. Belum ada instrumen berbahasa Indonesia yang dapat mengukur determinasi diri untuk anak tunarungu, sehingga diperlukan penelitian translasi instrumen serta uji psikometrik. Metode: Penelitian ini berupa studi analitik melalui proses translasi dan validasi yang melibatkan lima penerjemah, lima expert, dan 30 siswa tunarungu sebagai responden. Variabel yang diteliti adalah item kuesioner Arc’s Self-Determination Scale yang terdiri dari domain kemandirian, regulasi diri, pemberdayaan psikologis, dan realisasi diri. Analisis uji yang digunakan yaitu Content Validity Index (CVI), Pearson Product Moment, dan Cronbach alpha. Hasil Penelitian: Nilai I-CVI item Arc’s SDS bahasa Indonesia yaitu 0.8-1.00 yang berarti valid. Nilai rerata (S-CVI) sebesar 0.98 pada domain kemandirian, dan nilai 1.00 pada domain sisanya. Sementara itu, uji pearson menghasilkan nilai 〖r 〗_hitung 0.365-0.798 lebih besar dari r_( tabel ) 0.361 pada 32 item kuesioner yang dinyatakan valid dengan rincian 19 item kemandirian, 7 item pemberdayaan psikologis, dan 6 item realisasi diri. Item valid dinyatakan reliabel dengan nilai cronbach >0.6 yaitu 0.89 (kemandirian), 0.69 (pemberdayaan psikologis), dan 0.72 (realisasi diri). Kesimpulan: Jumlah item Arc’s SDS bahasa Indonesa yang teruji valid dan reliabel hanya 32 item dari total 72 item, sehingga perlu pengujian ulang secara psikometrik dengan sampel yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I25290 |
Uncontrolled Keywords: | Arc’s SDS, Determinasi diri, Reliabilitas, Tunarungu, Validitas |
Subjects: | D > D46 Deaf Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Mrs. Ajeng Mutiara Dewi |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:14 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:14 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |