IMAN, Dewafi Al (2025) Peran Cyberloafing dalam Memediasi Pengaruh Stres Akademik dan Kelelahan Akademik Terhadap Performa Akademik. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Dewafi Al Iman-C1B021014-Skripsi-2025.pdf Download (249kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dewafi Al Iman-C1B021014-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dewafi Al Iman-C1B021014-Skripsi-2025.pdf Download (340kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dewafi Al Iman-C1B021014-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dewafi Al Iman-C1B021014-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dewafi Al Iman-C1B021014-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dewafi Al Iman-C1B021014-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dewafi Al Iman-C1B021014-Skripsi-2025.pdf Download (364kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dewafi Al Iman-C1B21014-Skripsi-2025.pdf Download (364kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dewafi Al Iman-C1B021014-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Cyberloafing dalam Memediasi Pengaruh Stres Akademik dan Kelelahan Akademik Terhadap Performa Akademik.” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis regresi mediasi menggunakan uji Sobel dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS 29. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Jenderal Soedirman, dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 394 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang mengukur empat variabel utama yaitu stres akademik, kelelahan akademik, cyberloafing, dan performa akademik. Hail penelitian menunjukkan bahwa: 1) Stres akademik berpengaruh positif signifikan terhadap cyberloafing, 2) Kelelahan akademik berpengaruh positif signifikan terhadap cyberloafing, 3) Stres akademik berpengaruh negatif signifikan terhadap performa akademik, 4) Kelelahan akademik berpengaruh negatif signifikan terhadap performa akademik, 5) Cyberloafing secara signifikan memediasi hubungan antara stres akademik terhadap performa akademik, 6) cyberloafing secara signifikan memediasi hubungan antara kelelahan akademik terhadap performa akademik. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran institusi pendidikan dalam membantu mahasiswa mengelola stres dan kelelahan akademik, serta mengurangi perilaku cyberloafing untuk menjaga dan meningkatkan performa akademik. Diperlukan juga kebijakan pembelajaran yang mendukung kesejahteraan mental mahasiswa dan kontrol terhadap penggunaan internet secara bijak dalam lingkungan akademik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25361 |
| Uncontrolled Keywords: | Stres Akademik, Kelelahan Akademik, Performa Akademik, Cyberloafing |
| Subjects: | J > J63 Job stress |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | Mr. Dewafi Al Iman |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:24 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 06:24 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
