OSNAKU, Destania (2025) Utilizing TikTok Account of Pariwisata Banyumas as a Promotional Medium of Local Culinary of Banyumas Regency. Diploma thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1. COVER - Destania Osnaku - J0A022028 - Tugas Akhir - 2025.pdf Download (138kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS - Destania Osnaku - J0A022028 - Tugas Akhir - 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK - Destania Osnaku - J0A022028 - Tugas Akhir - 2025.pdf Download (265kB) |
|
|
PDF (BabI)
4. BAB I - Destania Osnaku - J0A022028 -Tugas Akhir - 2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2026. Download (241kB) |
|
|
PDF (BabII)
5. BAB II - Destania Osnaku - J0A022028 - Tugas Akhir - 2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2026. Download (418kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6. BAB III - Destania Osnaku - J0A022028 - Tugas Akhir - 2025.pdf Restricted to Repository staff only until 25 July 2026. Download (219kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV - Destania Osnaku - J0A022028- Tugas Akhir - 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
8. BAB V - Destania Osnaku - J0A022028 - Tugas Akhir - 2025.pdf Download (218kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA - Destania Osnaku - J0A022028- Tugas Akhir- 2025.pdf Download (266kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN - Destania Osnaku - J0A022028 - Tahun Akhir - 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Laporan praktek kerja ini disusun berdasarkan praktik kerja yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus – 19 November 2024 di Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Banyumas. Tujuan laporan ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan praktik kerja, proses produksi video promosi dengan subtitle Bahasa Inggris, serta kendala dan solusi yang dihadapi selama memproduksi video promosi. Pada laporan ini penulis memilih topik tema yaitu tentang promosi kuliner lokal Banyumas melalui sosial media sebagai salah satu strategi untuk menarik wisatawan. Selain itu, akun media sosial Dinas pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Banyumas belum mempublikasikan konten tentang topik tersebut dalam Bahasa Inggris. Dalam pembuatan video promosi ini, terdapat tiga metode yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi dilakukan dengan mencari informasi terkait kuliner Banyumas melalui website resmi Dinporabudpar Banyumas dan melalui sosial media lainnya. Sementara itu, wawancara dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai proses pembuatan makanan dan cara pemasarannya. Selain itu, metode dokumentasi yang dikumpulkan oleh penulis antara lain foto dan video selama melakukan penyuntingan. Proses pembuatan video terdiri dari tiga tahap antara lain pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Tahap pra-produksi merupakan tahap sebelum melakukan pengambilan gambar meliputi proses perencanaan dan persiapan. Tahap produksi meliputi pengambilan gambar, dan perekaman suara. Selain itu, tahap pasca-produksi meliputi proses pengeditan. Setelah selesai, video dipublikasikan di akun TikTok @pariwisata_banyumas. Dalam membuat promosi video kuliner tentu memiliki kendala, salah satunya adalah banyak suara berisik pada saat proses perekaman sulih suara wawancara dengan pemilik kuliner. Dibalik kendala itu, tentu ada solusinya dengan memanfaatkan fitur penyaring suara pada saat proses editing di Cap Cut.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | D325051 |
| Uncontrolled Keywords: | Promotional Video, Culinary, Social Media |
| Subjects: | V > V64 Video recording |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > D3 Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs Destania Osnaku |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:52 |
| Last Modified: | 25 Jul 2025 07:23 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
