Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kampanye Pemasaran Sosial Penanggulangan Stunting di Desa Sudagran Banyumas

AISYAH, Farah Aulia (2025) Analisis Kampanye Pemasaran Sosial Penanggulangan Stunting di Desa Sudagran Banyumas. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (LEGALITAS)
LEGALITAS-FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (BABI)
BAB I- FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2026.

Download (246kB)
[img] PDF (BABII)
BAB II-FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2026.

Download (373kB)
[img] PDF (BABIII)
BAB III-FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2026.

Download (241kB)
[img] PDF (BABIV)
BAB IV-FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BABV)
BAB V-FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-FARAH AULIA AISYAH-F2C022022-TESIS-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)

Abstract

Stunting merupakan masalah gizi kronis pada anak usia dibawah lima tahun (balita) yang hingga saat ini masih memerlukan perhatian dan penanganan serius. Desa Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, merupakan salah satu desa yang hingga kini masih mengalami permasalahan dalam mengatasi stunting. Padahal, upaya penurunan stunting di Desa Sudagaran telah dilakukan oleh berbagai pihak seperti Puskesmas Kecamatan Banyumas, Bidan Desa, Pemerintah Desa Sudagaran melalui Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), dan Kader Posyandu. Program- program yang dilakukan diantaranya adalah kegiatan Posyandu Balita, Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan Kelas Ibu Hamil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kampanye pemasaran sosial penanggulangan stunting di Desa Sudagaran, Banyumas dan menganalisis hambatan pada proses implementasi kampanye pemasaran sosial penanggulangan stunting di Desa Sudagaran, Banyumas. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori new media dan teori social behavior and change communication. Hasil dan pembahasan menunjukkan bagaimana terdapat tiga unsur utama dalam pemasaran sosial yaitu produk sosial, target adopter, dan teknologi manajemen perubahan sosial. Produk sosial berupa program-program seperti Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan, Penyuluhan, Kelas Ibu Hamil, dan Kelas Ibu Balita. Target adopter berupa keluarga yang memiliki ibu hamil ataupun ibu balita yang terancam akan adanya kasus stunting. Teknologi manajemen perubahan sosial berupa media komunikasi yang sudah akrab dengan masyarakat, seperti WhatsApp, untuk mempercepat koordinasi dan respons terhadap masalah gizi. Tahapan analisis kampanye pemasaran sosial dibahas mulai dari siapa saja unsur-unsur komunikasi yang terlibat mulai dari sumber, pesan, media, penerima, dan umpan balik. Tahapan berikutnya adalah bagaimana perubahan berkelanjutan yang terjadi dilihat dari kognitif, afektif, dan konatif. Teori new media digunakan untuk menganalisis tentang penggunaan media baru melalui lima postulat yaitu digitalisasi dan interaktivitas, keterhubungan, keterbukaan dan aksesibilitas, kustomisasi dan personalisasi, dan virtualitas. Teori social behavior and change communication digunakan untuk menganalisis tentang hambatan kampanye pemasaran sosial yang dikategorikan menjadi hambatan di bagian advokasi, hambatan mobilisasi sosial, dan juga hambatan edukasi kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225173
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Sosial, Kampanye, Stunting, New Media, Social Behavior and Change Communication, Desa Sudagaran.
Subjects: M > M80 Marketing
S > S426 Social aspects
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Farah Aulia Aisyah
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:42
Last Modified: 28 Jul 2025 06:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35131

Actions (login required)

View Item View Item