IHSAN, R. Muhammad (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran BUM Desa Urip Jaya dalam Pengelolaan Desa Wisata. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-R.Muhammad Ihsan-F2C023014-Tesis-2025.pdf Download (327kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-R.Muhammad Ihsan-F2C023014-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-R. Muhammad Ihsan-F2C023014-Tesis-2025.pdf Download (610kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-R MUHAMMAD IHSAN-F2C023014-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2026. Download (538kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-R MUHAMMADIHSAN-F2C023014-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2026. Download (611kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-R MUHAMMAD IHSAN-F2C023014-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2026. Download (534kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-R MUHAMMAD IHSAN-F2C023014-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-R MUHAMMAD IHSAN-F2C023014-TESIS-2025.pdf Download (517kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-R MUHAMMAD IHSAN-F2C023014-TESIS-2025.pdf Download (555kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-R.Muhammad Ihsan-F2C023014-Tesis-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kabupaten Rejang Lebong memiliki potensi desa wisata yang besar dengan 16 desa wisata resmi, namun masih mencatat kunjungan wisatawan terendah (539.523 kunjungan) dibandingkan kabupaten lain di Provinsi Bengkulu. Desa Wisata Sumber Urip, meski berstatus rintisan, berhasil mencatat 85.619 kunjungan dan meraih berbagai prestasi namun menghadapi kendala optimalisasi strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran BUM Desa Urip Jaya dalam pengelolaan Desa Wisata dan memberikan rekomendasi desain strategi komunikasi pemasaran untuk pengembangan potensi wisata. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan 7 informan kunci, Focus Group Discussion (FGD), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, sedangkan keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan BUM Desa Urip Jaya belum memiliki strategi komunikasi pemasaran terstruktur, ditandai ketiadaan dokumen perencanaan formal dan target terukur. Pengelolaan platform digital menunjukkan ketimpangan signifikan dengan dominasi promosi Bukit Kaba, sementara destinasi lain terabaikan. Kolaborasi dengan stakeholder masih minimal dan sporadis tanpa struktur kerjasama berkelanjutan. Penelitian menghasilkan strategi U-JITS (Urip Jaya Integrated Tourism Strategy) sebagai solusi komprehensif yang mengintegrasikan 9 strategi utama melalui pendekatan bertahap 18 bulan untuk menciptakan komunikasi pemasaran terintegrasi dan berkelanjutan guna meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225188 |
| Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi pemasaran, BUM Desa, desa wisata, pemasaran digital, pariwisata berkelanjutan |
| Subjects: | M > M80 Marketing |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mr R. MUHAMMAD IHSAN |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:50 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 06:50 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
