Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Occupational Self-Efficacy Terhadap Job Performance Dimoderasi Oleh Tiga Dimensi Job Crafting

HARFIN, Achmad (2025) Pengaruh Occupational Self-Efficacy Terhadap Job Performance Dimoderasi Oleh Tiga Dimensi Job Crafting. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf

Download (326kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB-I-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB-II-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB-III-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB-V-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf

Download (289kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Achmad Harfin-C2C023021-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh Occupational Self-Efficacy (OSE) terhadap Job Performance, dengan mempertimbangkan peran moderasi dari tiga dimensi Job Crafting yaitu Task Crafting, Cognitive Crafting, dan Relational Crafting pada guru Madrasah Aliyah di Purwokerto. Latar belakang penelitian ini bertumpu pada adanya inkonsistensi temuan sebelumnya mengenai hubungan antara self-efficacy dan kinerja, serta fenomena rendahnya profesionalisme ASN Kementerian Agama menurut survei tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis SEM-PLS terhadap 141 responden guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OSE berpengaruh positif dan signifikan terhadap job performance, yang berarti semakin tinggi keyakinan guru terhadap kemampuan kerjanya, semakin tinggi pula kinerjanya. Dalam pengujian moderasi, ditemukan bahwa task crafting tidak memoderasi hubungan antara OSE dan job performance, yang dapat disebabkan oleh struktur kerja guru yang kaku dan birokratis. Sebaliknya, cognitive crafting dan relational crafting terbukti mampu memoderasi hubungan tersebut secara positif. Guru yang mampu memaknai pekerjaan secara positif (cognitive crafting) dan membangun relasi sosial yang baik (relational crafting) lebih efektif dalam mengonversi keyakinan diri menjadi performa kerja yang tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya intervensi psikologis dan lingkungan sosial dalam mendukung pengembangan kinerja guru berbasis self-efficacy, serta menyoroti perlunya pengembangan strategi job crafting yang disesuaikan dengan konteks institusi pendidikan publik seperti madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P225177
Uncontrolled Keywords: Occupational Self-Efficacy, Job Crafting, Task Crafting, Cognitive Crafting, Relational Crafting, Job Performance
Subjects: J > J59 Job satisfaction Performance Vocation
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mr Achmad Harfin
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:16
Last Modified: 28 Jul 2025 07:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35175

Actions (login required)

View Item View Item