Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Persepsi Implementasi Resep Elektronik terhadap Kualitas Pelayanan Farmasi dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSU Sinar Kasih Purwokerto

GUNAWI, Cindy Juwita Sari (2025) Analisis Persepsi Implementasi Resep Elektronik terhadap Kualitas Pelayanan Farmasi dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSU Sinar Kasih Purwokerto. In: -, -, -.

[img] PDF (Cover)
COVER-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf

Download (276kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2026.

Download (433kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2026.

Download (634kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2026.

Download (395kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf

Download (366kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf

Download (389kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Cindy Juwita Sari Gunawi-C2C023025-Tesis-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah salah satu indikator penting yang perlu diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien yang tinggi atau rendah dapat mencerminkan kualitas pelayanan yang bisa berdampak bagi pelayanan kesehatan tersebut dalam meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi implementasi resep elektronik terhadap kualitas pelayanan farmasi dan kepuasan pasien rawat jalan di RSU Sinar Kasih Purwokerto. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan Rumah Sakit Umum (RSU) Sinar Kasih Purwokerto dengan menggunakan metode pengambilan purposive sampling. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 341 dengan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) persepsi implementasi resep elektronik berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien 2) persepsi implementasi resep elektronik berpengaruh positif terhadap waktu tunggu pelayanan obat 3) waktu tunggu pelayanan obat tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien 4) persepsi implementasi resep elektronik berpengaruh negatif terhadap kesalahan pemberian obat 5) kesalahan pemberian obat berpengaruh negatif terhadap kepuasan pasien 6) persepsi implementasi resep elektronik berpengaruh positif terhadap komunikasi interpersonal apoteker dan pasien 7) komunikasi interpersonal apoteker dan pasien berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien 8) persepsi implementasi resep elektronik berpengaruh positif terhadap ketersediaan obat 9) ketersediaan obat berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Implikasi dari kesimpulan tersebut yaitu dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien maka rumah sakit perlu meningkatkan kualitas implementasi resep elektronik, menekan kesalahan pemberian obat, meningkatkan komunikasi interpersonal apoteker dan pasien serta meningkatkan ketersediaan obat. Petugas farmasi perlu memperkuat kontrol mutu pada tahap akhir pelayanan farmasi, RSU Sinar Kasih perlu mengadakan pelatihan berkelanjutan bagi apoteker dalam hal komunikasi efektif dan mengoptimalkan pengelolaan stok obat berbasis elektronik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Nomor Inventaris: P225192
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, persepsi implementasi resep elektronik, waktu tunggu pelayanan obat, kesalahan pemberian obat, komunikasi interpersonal apoteker dan pasien, ketersediaan obat
Subjects: H > H55 Health facilities
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs CINDY JUWITA SARI GUNAWI
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:50
Last Modified: 05 Aug 2025 06:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35180

Actions (login required)

View Item View Item