NAJLA, Huwaida Nisrina (2025) Consumerism within Fandom Community in Rin Usami's Idol, Burning (2020). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (257kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (228kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 5 August 2026. Download (272kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 5 August 2026. Download (308kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 5 August 2026. Download (254kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (251kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Download (242kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Huwaida Nisrina Najla-J1A020042-Skripsi-2025.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
Abstract
Konsumerisme telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat kontemporer yang secara mendalam membentuk perilaku, preferensi, dan gaya hidup manusia. Penelitian ini secara khusus mengeksplorasi gambaran konsumerisme dalam komunitas fandom sebagaimana tergambar dalam novel Idol, Burning (2020) karya Rin Usami. Dengan menggunakan kerangka teori Marxis, penelitian ini secara kritis mengkaji bagaimana budaya fandom membentuk pola konsumsi, komodifikasi barang, dan konstruksi identitas melalui akuisisi material. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode penelitian kualitatif digunakan dengan melakukan analisis mendalam terhadap berbagai sumber data. Analisis difokuskan pada empat tahap konsumsi: selection, acquisition, utilization, dan maintenance & repair. Hasilnya menunjukkan bahwa memperoleh barang dalam fandom bukan sekadar transaksi biasa, melainkan menjadi bagian penting dari pembentukan identitas dan komunitas. Temuan ini mengindikasikan bahwa konsumerisme dalam fandom sangat terkait dengan bagaimana identitas penggemar dibentuk dan dikomodifikasi. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi pada diskusi yang lebih luas tentang budaya konsumen dengan menentang normalisasi konsumsi berlebihan dalam industri hiburan serta mendorong evaluasi kritis terhadap praktik konsumsi dalam komunitas fandom.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25191 |
| Uncontrolled Keywords: | Consumerism, Fandom Community, Marxist Theory |
| Subjects: | C > C793 Consumers L > L270 Literature History and criticism |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Inggris |
| Depositing User: | Mrs. Huwaida Nisrina Najla |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:13 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 02:13 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
