Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Bpjs di Instalasi Rawat Inap RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

IKAPRATIWI, Radita (2016) Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna Bpjs di Instalasi Rawat Inap RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 COVER-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
4 BAB I-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 August 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
5 BAB II-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
6 BAB III-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2026.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
7 BAB IV-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
8 BAB V-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN-RADITA IKAPRATIWI-P2CC14022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di Instalasi Rawat Inap di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo yang berada di Purwokerto dengan judul “Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Pengguna BPJS di Instalasi Rawat Inap RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto” Pelayanan kesehatan yang berkualitas merupakan salah satu kebutuhan penting yang sangat diperlukan setiap orang. Pemerintah berupaya agar pelayanan kesehatan dapat diakses oleh semua orang dengan menyediakan program BPJS.Kualitas pelayanan kesehatan menjadi semakin penting bagi bisnis saat ini. Sarana pelayanan kesehatan, rumah sakit, dituntut untuk terus melakukan kualitas pelayanan yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan pasien seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat dan persaingan yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan gambaran faktor yang berkaitan dengan kualitas pelayanan kesehatan pasien pengguna BPJS kelas I, II,dan III di Instalasi Rawat Inap RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dari sisi pasien, dari penyedia jasa pelayanan kesehatan (dokter dan perawat), dan dari sisi manajemen rumah sakit. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, analisis isi, penyajian data, dan verifikasi. Validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil analisis dari 23 orang informan yang diteliti pada penelitian ini, yang terdiri dari tujuh orang dokter spesialis, lima orang perawat, delapan orang pasien,dan tiga orang manajemen rumah sakit, didapatkan faktor yang berkaitan dengan kualitas pelayanan kesehatan pasien pengguna BPJS kelas I, II, dan III di Instalasi Rawat Inap RSUD Prof.Dr. Margono Soekarjo Purwokerto yaitu (1) Sarana (tampilan fisik), (2) Pelayanan tanggap (daya tanggap), (3) Pelayanan terbaik (kehandalan), (4) Motivasi, (5) Supervisi oleh bagian manajemen terhadap staf fungsional, (6) Proses perawatan klinis dan kualitas personil, (7) Citra atau image,(8) Beban kerja penyedia jasa pelayanan kesehatan, (9) Jaminan dan Kepercayaan,(10) Komunikasi dan empati, (11) Penerapan kebijakan memaksimalkan koordinasi. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini maka beberapa saran dapat dikemukakan dari pasien, dari penyedia pelayanan kesehatan, dan dari manajemen rumah sakit Saran dari pasien yaitu penanganan di rumah sakit lebih cepat, ramah, dan detail; komunikasi dari petugas kesehatan lebih informatif. Saran dari penyedia pelayanan kesehatan yaitu peningkatan kualitas diri masing-masing petugas kesehatan sesuai dengan profesi; komunikasi efektif ditingkatkan; standar pelayanan terpenuhi; kebijakan rumah sakit diperbaiki. Saran dari manajemen supaya komunikasi petugas kesehatan lebih ditingkatkan, komitmen untuk bekerja melakukan pelayanan harus dipegang teguh, dan jajaran direksi agar bijak dalam membuat kebijakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: C > C647 Community health services
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs Fathu R R
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:54
Last Modified: 05 Aug 2025 03:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35470

Actions (login required)

View Item View Item