Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Eksplorasi Minat Beli Konsumen pada Cafe di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga

ADITAMA, Faishal Tri (2025) Eksplorasi Minat Beli Konsumen pada Cafe di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (BabI)
BAB 1-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2026.

Download (357kB)
[img] PDF (BabII)
BAB 2-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2026.

Download (380kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB 3-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2026.

Download (408kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB 4-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] PDF (BabV)
BAB 5-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Faishal Tri Aditama-C1B020094-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran Social Media Optimization terhadap Minat Beli pada café di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, Jawa Tengah. Dalam penelitian kuantitatif ini, data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner yang disebar kepada masyarakat aktif menggunakan media sosial dan café yang sudah menggunakan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan utama. Pertama, Social Media Optimization tidak memiliki pengaruh langsung terhadap Minat Beli konsumen. Meskipun pemilik usaha café berupaya memanfaatkan media sosial untuk promosi dan informasi, hal ini belum secara signifikan mempengaruhi minat beli konsumen. Kedua, SMO memiliki pengaruh positif terhadap Brand Awareness. Café-céfé di daerah tersebut aktif menggunakan berbagai platform media sosial untuk memasarkan produk mereka, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan mereka, dan mendukung potensi penjualan. Namun, temuan ketiga menyatakan bahwa Brand Awareness tidak memiliki pengaruh langsung terhadap Minat Beli konsumen. Meskipun pemilik usaha berusaha meningkatkan nilai tambah produk dan membuat signature menu, hal ini belum secara langsung memengaruhi minat beli konsumen. Temuan keempat menunjukkan bahwa Brand Awareness memediasi hubungan antara SMO dan Minat Beli. Artinya, kesadaran merek dapat menjadi perantara penting untuk mempengaruhi minat beli konsumen. Terakhir, Brand Exposure (pemaparan merek) tidak mampu memoderasi hubungan antara SMO dan Minat Beli. Meskipun café-café di daerah tersebut berupaya meningkatkan Brand Exposure melalui promosi dan branding, pengaruhnya tidak cukup signifikan dalam memoderasi hubungan antara SMO dan Minat Beli. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana SMO, Brand Awareness, dan Brand Exposure saling berhubungan di konteks UMKM café, dengan implikasi pada upaya meningkatkan minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25388
Uncontrolled Keywords: Social Media Optimization, Brand Awareness, Brand Exposure, Minat Beli
Subjects: I > I260 Internet marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Faishal Tri Aditama
Date Deposited: 06 Aug 2025 00:56
Last Modified: 06 Aug 2025 00:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35484

Actions (login required)

View Item View Item