Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Frekuensi Iklan Politik Media Sosial terhadap Perilaku Memilih pada Pemilu Presiden 2024 di Kabupaten Purbalingga

'AINI, Nurul (2025) Pengaruh Frekuensi Iklan Politik Media Sosial terhadap Perilaku Memilih pada Pemilu Presiden 2024 di Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nurul 'Aini-F1D021013-Skripsi-2025.pdf

Download (385kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurul 'Aini-F1D021013-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurul 'Aini-F1D021013-Skripsi-2025.pdf

Download (352kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nurul 'Aini-F1D021013-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2026.

Download (373kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nurul 'Aini-F1D021013-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2026.

Download (350kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nurul 'Aini-F1D021013-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2026.

Download (361kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurul 'Aini-F1D021013-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nurul 'Aini-F1D021013-Skripsi-2025.pdf

Download (362kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurul 'Aini-F1D021013-Skripsi-2025.pdf

Download (350kB)

Abstract

Artikel ini membahas pengaruh frekuensi iklan politik media sosial dalam membentuk persepsi politik selama pemilihan umum presiden 2024. Di dalam pemilu, iklan politik merupakan media komunikasi untuk meningkatkan popularitas dan kepercayaan masyarakat terhadap kandidat tanpa kendala jarak dan waktu. Penggunaan media di era digital penting digunakan dalam komunikasi, sosialisasi, dan pendidikan politik yang mempengaruhi perilaku memilih. Pendekatan teori yang digunakan adalah model persuasi “dosis-resistensi” oleh Krosnick dan Brannon. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif, dilaksanakan di Kabupaten Purbalingga dalam Piplres tahun 2024, dan 100 pemilih ditetapkan sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode multistage random sampling dan systematic random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan uji koefisien determinasi, uji t, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan frekuensi iklan politik media sosial mempengaruhi perilaku memilih (p<0,05) sebesar 25,7% dan sisanya sebesar 74,3% dipengaruhi oleh farktor lain. Implikasi penelitian merekomendasikan agar pesan yang disampaikan harus dirancang dan dikemas dengan baik serta memberikan isu-isu yang tengah berkembang di masyarakat. Temuan ini memberikan kontribusi pemahaman tentang perilaku memilih di era digital, termasuk bagaimana media sosial membentuk opini dan preferensi politik, yang penting untuk analisis perilaku memilih di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25295
Uncontrolled Keywords: iklan politik, media sosial, perilaku memilih
Subjects: E > E102 Elections
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mrs. Nurul 'Aini
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:50
Last Modified: 07 Aug 2025 01:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35553

Actions (login required)

View Item View Item