MAHAZALFAA, Nandana (2025) Diversifikasi Konsumsi Makan terhadap Peningkatan Keterampilan Psikomotor Anak (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 5 di SDN Tanggeran 01). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ASBTRAK_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Download (130kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2026. Download (262kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2026. Download (586kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2026. Download (869kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Download (76kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Download (586kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_NANDANA MAHAZALFAA_I1E021011_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Standar keterampilan anak dibutuhkan beberapa komponen yang dapat menunjang keberhasilan, salah satunya adalah pemberian asupan makan secara bervariasi. Ketercapaian psikomotor didukung karena pola makan, serta gizi yang seimbang dan optimal. Makanan mempunyai standar yang diperlukan untuk dikonsumsi oleh anak. Standar tersebut terdiri atas sumber karbohidrat dengan 2/3 dari setengah piring, lalu dilengkapi lauk pauk 1/3 dari setengah piring. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk case study dan grounded theory, menggunakan metode purposive sampling. Yakni sebanyak 3 siswa kelas 5 SDN Tanggeran 01 sebagai responden atau partisipan penelitian. Penelitian dilakukan dengan recall, pre dan post test seperti tes Push Up, Lari 600 Meter, Illinois Agility, Standing Stork, V Sit and Reach, serta Hand Wall Toss. Pemberian asupan konsumsi secara bervariasi, dengan memperhatikan pola kebiasaan responden terbukti mempunyai pengaruh terhadap peningkatan keterampilan psikomotor. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perubahan dan perbedaan yang cukup signifikan pada hasil pretest dan post-test sebelum responden diberikan treatment. Diversifikasi makan selama 7 hari dengan frekuensi makan sebanyak 21 kali makan dapat mempengaruhi peningkatan keterampilan psikomotor yang dimiliki oleh anak. Diversifikasi, Konsumsi Makan, Karbohidrat, Keterampilan Psikomotor, Aktivitas Fisik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | I25280 |
| Uncontrolled Keywords: | Diversifikasi, Konsumsi Makan, Karbohidrat, Keterampilan Psikomotor, Aktivitas Fisik |
| Subjects: | F > F260 Food Minerals Nutrition |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | Mr. Nandana Mahazalfaa |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 03:20 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 03:20 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
