ABDURRAFI, Muhammad Nazhif (2025) Implementasi Lean Healthcare Untuk Meminimasi Waste dan Meningkatkan Pelayanan di RSIA Ummu Hani Purbalingga Menggunakan Metode VSM dan PAM. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover Muhammad Nazhif Abdurrafi_H11E021004_SKRIPSI_2025.pdf Download (177kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Muhammad Nazhif Abdurrafi_H1E021004_SKRIPSI_2025 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
Abstrak Muhammad Nazhif Abdurrafi_H11E021004_SKRIPSI_2025.pdf Download (239kB) |
|
|
PDF (BabI)
Bab I Muhammad Nazhif Abdurrafi_H11E021004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2026. Download (261kB) |
|
|
PDF (BabII)
Bab II Muhammad Nazhif Abdurrafi_H11E021004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2026. Download (559kB) |
|
|
PDF (BabIII)
Bab III Muhammad Nazhif Abdurrafi_H11E021004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2026. Download (269kB) |
|
|
PDF (BabIV)
Bab IV Muhammad Nazhif Abdurrafi_H11E021004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
|
|
PDF (BabV)
Bab V Muhammad Nazhif Abdurrafi_H1E021004_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
|
PDF (BabVI)
Bab VI Muhammad Nazhif Abdurrafi_H11E021004_SKRIPSI_2025.pdf Download (220kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka Muhammad Nazhif Abdurrafi_H11E021004_SKRIPSI_2025.pdf Download (209kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
Lampiran Muhammad Nazhif Abdurrafi_H11E021004_SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
Abstract
Rumah sakit sebagai institusi layanan kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan yang efisien, cepat, dan berkualitas. Namun, dalam praktiknya sering ditemukan pemborosan (waste) yang menghambat efektivitas pelayanan, khususnya dalam proses perpulangan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengurangi pemborosan yang terjadi di Instalasi Rawat Inap RSIA Ummu Hani Purbalingga menggunakan pendekatan Lean Healthcare, dengan alat bantu utama berupa Value Stream Mapping (VSM), Process Activity Mapping (PAM), dan analisis 5 Why. Berdasarkan hasil pemetaan current state VSM, ditemukan bahwa waktu tunggu pasien mencapai 10.813 detik, dengan hanya 18,8% aktivitas yang bernilai tambah (value added). Melalui analisis PAM, sebagian besar aktivitas dikategorikan sebagai non-value added dan necessary non- value added, terutama pada proses administrasi dan verifikasi rekam medis. Analisis akar masalah menunjukkan penyebab utama waste adalah belum terintegrasinya sistem informasi antarunit, kurangnya koordinasi, serta belum lengkapnya SOP terkait estimasi waktu pulang pasien. Setelah implementasi perbaikan, future state VSM menunjukkan peningkatan efisiensi signifikan dengan penurunan lead time menjadi 4.051 detik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Lean Healthcare efektif dalam mengidentifikasi dan mengurangi pemborosan, serta meningkatkan efisiensi dan mutu layanan rumah sakit.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | H25262 |
| Uncontrolled Keywords: | Lean Healthcare, Waste, Value Stream Mapping (VSM), Process Activity Mapping (PAM), 5 Why |
| Subjects: | H > H55 Health facilities |
| Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
| Depositing User: | Mr. Muhammad Nazhif Abdurrafi |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:52 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 02:52 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
