Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peran Guru Penjas Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMAa Negeri Se-Purwokerto

WIBOWO, Masud Setio (2019) Peran Guru Penjas Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMAa Negeri Se-Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
2. COVER-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-FIKES-2019.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-FIKES-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-FIKES-2019.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
5. BAB-I-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-FIKES-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB-II-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-FIKES-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB-III-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-FIKES-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB-IV-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-FIKES-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB-V-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-FIKES-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
10. DAFTAR-PUSTAKA-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-2019.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
12. LAMPIRAN-Mas'ud Setio Wibowo-G1I014045-SKRIPSI-FIKES-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya perilaku peserta didik yang tidak sesuai dengan nilai karakter di Purwokerto. Perilaku tersebut seperti mencuri, membolos, merokok, dan berbicara kasar kepada orang yang lebih tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru penjas dalam membangun karakter peserta didik di SMA Negeri Se-Purwokerto. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik triangulasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 5 guru penjas dari 5 sekolah. Langkah menganalisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan kemudian menyimpulkan. Data yang telah dianalisis, dijelaskan dan dimaknai dalam bentuk kata-kata untuk mendiskripsikan fakta yang ada di lapangan. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran guru penjas dalam membangun karakter peserta didiknya sudah terlaksana dengan baik dalam pembelajaran maupun diluar jam pelajaran. 5 Guru penjas dari 5 sekolah mampu menunjukkan keteladanannya seperti disiplin dengan datang di sekolah lebih awal. 1 guru penjas dari 5 sekolah mampu menginspirasi baik peserta didik dengan memberi arahan kepada peserta didik dengan potensi yang dimiliki. 3 guru penjas dari 5 sekolah mampu memotivasi peserta didik dengan memberikan apresiasi maupun hukuman yang membangun. 4 guru penjas dari 5 sekolah juga berperan aktif dalam menanamkan pendidikan karakter. Serta 4 dari 5 guru penjas sekolah melakukan evaluasi diakhir maupun diluar pembelajaran dengan melakukan pembiasaan pada peserta didik untuk memiliki rasa tanggung jawab. Hal tersebut memberi manfaat positif bagi lingkungan sekolah di SMA Negeri se-Purwokerto, sehingga dapat terciptanya peserta didik yang berkarakter. Kesimpulan: Guru mampu menjadi teladan bagi peserta didik dengan memberi contoh datang ke sekolah sebelum proses pembelajaran dimulai, dan membiasakan peserta didik untuk berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Guru penjas belum mampu menjadi inspirator yang baik bagi peserta didik. Guru mampu memberi dorongan bagi peserta didik dengan mengingatkan ketika peserta didik melalukukan kesalahan dan memberi hukuman yang bernilai positif. Guru mampu menjadi penggerak bagi peserta didik untuk memiliki karakter kepemimpinan dengan memberi perintah kepada peserta didik untuk memimpin pemanasan. Guru mengevaluasi proses pembelajaran yang telah berlangsung, untuk dijadikan tolak ukur dalam memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I19229
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Penjas, Pendidikan Karakter
Subjects: B > B378 Building
C > C179 Character
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:59
Last Modified: 03 Feb 2020 06:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3608

Actions (login required)

View Item View Item