YANUAR, Yoga Afik Tri (2025) Peran Creative Director pada Kampanye Kehumasan “Remaja Banyumas Sehat Diabetes Minggat”. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (3MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (3MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (3MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Yoga Afik Tri Yanuar-F1C021033-NONSKRIPSI-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Peningkatan kasus Diabetes Melitus (DM) di Kabupaten Banyumas, termasuk di kalangan remaja, menjadi persoalan kesehatan yang perlu segera ditangani melalui pendekatan preventif yang menyeluruh. Tugas Akhir Penciptaan Karya ini disusun oleh mahasiswa Peminatan Public Relations, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Jenderal Soedirman, dengan tujuan merancang serta melaksanakan kampanye kehumasan bertajuk "Remaja Banyumas Sehat, Diabetes Minggat". Kampanye ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja Banyumas mengenai DM serta pentingnya menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Pelaksanaan kampanye menggunakan metode hybrid secara luring dan daring. Kampanye daring dilakukan dengan media sosial Instagram @healthyyouth.bms yang berisikan konten edukatif dengan engagement rate sebesar 24,97% dinilai menggunakan tools Social Blade. Kampanye luring dilakukan melalui penyelenggaraan seminar kesehatan dan pemeriksaan gula darah gratis di SMAN 2 Purwokerto dengan hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, yang terlihat dari rata-rata skor Pre Test sebesar 6,4 menjadi 8,2 pada Post Test, dengan 65,4% partisipan menunjukkan peningkatan pengetahuan. Kegiatan luring berhasil melibatkan siswa perwakilan dari 12 SMA dan menyaring gula darah 99 siswa. Keberhasilan kampanye turut didukung oleh kolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas dan eksposur di dua media massa. Peran seorang creative director dalam kampanye ini sangat penting untuk menerjemahkan tujuan kampanye menjadi konsep kreatif yang menarik dan konsisten. Creative director bertanggung jawab mengarahkan aspek visual dan narasi, mulai dari penciptaan nama kampanye yang catchy "Remaja Banyumas Sehat, Diabetes Minggat", pengembangan desain konten edukatif di Instagram, hingga materi promosi untuk seminar agar semua elemen selaras dan efektif dalam berkomunikasi dengan target audiens remaja.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F25365 |
| Uncontrolled Keywords: | Kampanye Kehumasan, Creative Director, Diabetes Melitus, Remaja, Edukasi Kesehatan, Banyumas |
| Subjects: | M > M81 Marketing Propaganda Public relations Publicity |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mr. Yoga Afik Tri Yanuar |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:52 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 07:52 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
