Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Preferensi Konsumen dalam Pembelian Sayuran Organik di Kota Cirebon Jawa Barat

ZHAFIRA, Enthria Yolani (2025) Analisis Preferensi Konsumen dalam Pembelian Sayuran Organik di Kota Cirebon Jawa Barat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2026.

Download (35kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2026.

Download (185kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2026.

Download (390kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf

Download (236kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Enthria Yolani Zhafira-A1A018068-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)

Abstract

Konsumsi sayuran organik di Indonesia dipengaruhi oleh faktor kesadaran kesehatan, pendapatan, harga, dan aksesibilitas. Meskipun terdapat peningkatan minat terhadap produk ini, konsumsi sayuran organik masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan atribut yang dipertimbangkan dalam pembelian sayuran organik di Kota Cirebon. Metode penelitian menggunakan survei dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling, dengan 100 responden. Variabel penelitian meliputi produk, harga, promosi, distribusi, budaya, individu, sosial, dan psikologi, dan analisis data dilakukan menggunakan metode Conjoint.Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran distribusi tradisional, seperti pasar lokal (Pasar Kanoman dan Pasar Harjamukti), masih mendominasi pemasaran sayuran organik, meskipun terdapat tantangan terkait pengetahuan konsumen dan kurangnya sertifikasi produk. Karakteristik konsumen yang membeli sayuran organik mayoritas berusia 30-50 tahun, didominasi oleh perempuan (63 responden), berpendidikan sarjana (60 responden), dan ibu rumah tangga (25 responden). Pendapatan bulanan mayoritas responden berkisar antara Rp2.697.000 hingga Rp4.000.000, dengan sebagian besar berasal dari keluarga dengan tiga anggota (46 responden). Atribut yang paling dipertimbangkan dalam pembelian sayuran organik adalah faktor individu, distribusi, dan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A25378
Uncontrolled Keywords: sayuran organik, karakteristik konsumen, atribut pembelian, analisis conjoint
Subjects: O > O142 Organic farming
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs. Enthria Yolani Zhafira
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:05
Last Modified: 26 Aug 2025 01:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36791

Actions (login required)

View Item View Item