Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Media Sosial, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha

SATRIANI, Yngwie (2025) Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Media Sosial, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf

Download (465kB)
[img] PDF (BABI)
BAB-I-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (289kB)
[img] PDF (BABII)
BAB-II-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (430kB)
[img] PDF (BABIII)
BAB-III-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2026.

Download (455kB)
[img] PDF (BABIV)
BAB-IV-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (BABV)
BAB-V-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf

Download (273kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Yngwie Satriani-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)

Abstract

Tingginya angka pengangguran di Indonesia, termasuk lulusan perguruan tinggi, menuntut adanya solusi strategis seperti kewirausahaan. Namun, jumlah wirausahawan di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan, media sosial, dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada 201 mahasiswa aktif angkatan 2021–2023 yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, pengumpulan data melalui kuesioner skala Likert, serta analisis data menggunakan regresi linear berganda yang dilengkapi uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan, media sosial, dan motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha baik secara simultan maupun parsial. Motivasi berwirausaha menjadi variabel yang paling dominan mempengaruhi minat berwirausaha, diikuti oleh pengetahuan kewirausahaan dan media sosial. Penelitian ini merekomendasikan agar perguruan tinggi meningkatkan pembelajaran kewirausahaan yang aplikatif, mahasiswa memanfaatkan media sosial secara strategis, serta pembinaan motivasi berbasis dorongan intrinsik untuk mendorong keberlanjutan minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25456
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan kewirausahaan, Media sosial, Motivasi berwirausaha, Minat berwirausaha, Mahasiswa.
Subjects: E > E356 Entrepreneurship
M > M567 Motivation Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Yngwie Satriani
Date Deposited: 26 Aug 2025 04:39
Last Modified: 26 Aug 2025 04:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37008

Actions (login required)

View Item View Item