Analisis Marjin Pemasaran Komoditas Kacang Tanah di Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas

YUSPITADIANA, Nathania Margareth (2019) Analisis Marjin Pemasaran Komoditas Kacang Tanah di Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nathania Margareth Yuspitadiana-A1C114020-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Kacang tanah merupakan tanaman palawija yang banyak terdapat di Desa Srowot dan dapat digunakan sebagai bahan baku industri yang mempunyai nilai jual yang tinggi, sehingga dapat dipasarkan. Pemasaran produk pertanian yang dilakukan dari produsen sampai konsumen pada umumnya melalui beberapa lembaga-lembaga pemasaran. Terdapat tiga macam saluran pemasaran di Desa Srowot, yaitu saluran pemasaran I petani-pedagang pengumpul-pedagang besarpedagang pengecer-konusmen, saluran pemasaran II petani-pedagang pengumpulpedagang pengecer-konsumen dan saluran pemasaran III petani-pedagang pengecer-konsumen. Sehingga akan terbentuk saluran pemasaran yang berbeda, hal tersebut menyebabkan terbentuknya marjin pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui besarnya marjin pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran kacang tanah di Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas; (2) Mengetahui besarnya farmer’s share, persentase bagian keuntungan dan biaya pada masing-masing saluran pemasaran; (3) Mengetahui berapa besarnya bagian profit margin yang diterima dari masingmasing pedagang pada setiap saluran pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Penentuan responden petani menggunakan metode simple random sampling, sementara responden lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis marjin pemasaran, analisis farmer’s share, dan analisis profit margin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Marjin pemasaran pada masingmasing saluran pemasaran kacang tanah di Desa Srowot, yaitu saluran pemasaran I sebesar Rp13.598,00 per kilogram, saluran pemasaran II sebesar Rp12.173,00 per kilogram dan saluran pemasaran III sebesar Rp11.535,00 per kilogram. 2) Persentase farmer’s share, biaya dan keuntungan pada saluran pemasaran kacang tanah yaitu; persentase farmer’s share terbesar terdapat pada saluran pemasaran III sebesar 65,50 persen, persentase biaya terkecil terdapat pada saluran pemasaran III sebesar 6,82 persen, persentase keuntungan terbesar terdapat pada saluran pemasaran II sebesar 57,13 persen. 3) Profit margin yang diterima pedagang pada saluran pemasaran kacang tanah; yaitu pada saluran pemasaran I, total profit margin sebesar 40,27 persen yang terdiri dari, pedagang pengumpul sebesar 11,91 persen, pedagang besar sebesar 15,57 persen dan pedagang pengecer sebesar 12,78 persen, pada saluran pemasaran II, total profit margin sebesar 36,33 yang terdiri dari, pedagang pengumpul sebesar 11,24 persen dan pedagang pengecer sebesar 25,09 persen, Pada saluran pemasaran III, total profit margin sebesar 30,57 yang terdiri dari pedagang pengecer sebesar 30,57 persen. Dari kesimpulan yang di dapat, saluran yang paling efisien adalah saluran pemasaran III, karena memiliki nilai marjin pemasaran yang paling rendah dan nilai farmer’s share yang paling tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A19062
Subjects: M > M80 Marketing
V > V31 Vegetables
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 14 Feb 2020 04:06
Last Modified: 14 Feb 2020 04:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item