MUARIF, Ifan (2025) Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Halal Taman Apung Mas Kemambang Kabupaten Banyumas. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Ifan Muarif-C2A022003-2025.pdf Download (202kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-IFAN MUARIF-C2A022003-TESIS-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ifan Muarif-C2A022003-2025.pdf Download (556kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Ifan Muarif-C2A022003-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 August 2026. Download (583kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Ifan Muarif-C2A022003-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Ifan Muarif-C2A022003-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Ifan Muarif-C2A022003-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Ifan Muarif-C2A022003-2025.pdf Download (283kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ifan Muarif-C2A022003-2025.pdf Download (378kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ifan Muarif-C2A022003-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Kabupaten Banyumas merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi destinasi wisata halal. Hal ini terlihat ketika melihat pencapaian sertifikasi halal di Kabupaten Banyumas. Menurut Kemenag Jateng, pada tahun 2023 Kabupaten Banyumas mencapai prestasi yang luar biasa dengan meraih sertifikasi halal tertinggi di Provinsi Jawa Tengah, dengan total mencapai sebanyak 8000 produk yang telah memenuhi persyaratan halal. Selain makanan dan minuman, infrastruktur wisata halal juga mencakup fasilitas peribadatan yang menjadi aspek penting dalam menjadikan suatu destinasi sebagai tujuan wisata yang ramah bagi wisatawan Muslim. Oleh karena itu, penelitian ini secara khusus menganalisis tentang siapa saja stakeholder yang berkontribusi pada pengembangan wisata halal Taman Mas Kemambang, bagaimana hubungan antar stakeholder dan strategi yang diperlukan untuk pengembangan wisata halal Taman Mas Kemambang. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed method). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Stakeholder yang terlibat dalam pengembangan wisata halal Taman Apung Mas Kemambang diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banyumas (DPMPTSP), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Banyumas (Bappeda), Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyumas (Dinbudpar), Badan Layanan Umum Daerah Kabupaten Banyumas (BLUD), Akademisi (Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Saifuddin Zuhri), pedagang di areal wisata Taman Apung Mas Kemambang, dan pengunjung. Stakeholder dengan pengaruh tinggi dan ketergantungan rendah ditunjukkan yaitu pengunjung, DPMPTSP, dan akademisi. Stakeholder dengan pengaruh tinggi dan ketergantungan tinggi yaitu Bappeda, Dinbudpar, dan BLUD. Stakeholder dengan pengaruh rendah dan ketergantungan tinggi yaitu pedagang, dan stakeholder dengan pengaruh rendah dan ketergantungan rendah yaitu media. Stakeholder dengan daya saing tertinggi yaitu pengunjung, DPMPTSP dan Bappeda, disusul dengan Akademisi, Dinbudpar, BLUD, Media Pemberitaan dan Penyiaran Kabupaten Banyumas, dan Pedagang di areal wisata Taman Apung Mas Kemambang. Selain itu, stakeholder dengan konvergensi yang paling kuat yaitu Dinpudbar dan BLUD sedangkan stakeholder lain memiliki hubungan konvergensi cukup kuat (moderat) satu sama lain. Tidak ada hubungan divergensi antar stakeholder atau dengan kata lain semua stakeholder memiliki tujuan yang sama dalam mengembangkan wisata halal Taman Apung Mas Kemambang. . Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi yang harus diambil adalah agresive strategi yaitu mengoptimalkan kekuatan/strength yang dimiliki dan memaksimalkan peluang/opportunities. Hasil analisis ANP menunjukkan bahwa strategi utama adalah pembuatan regulasi, integrasi stakeholder, dan perbaikan kelembagaan pada setiap stakeholder pemerintah. Implikasi pada penelitian ini yaitu penggunaan strategi dalam pengembangan wisata halal Taman Apung Mas Kemambang. Strategi agresif mengoptimalkan unsur kekuatan dari segi internal dan memaksimalkan peluang dari segi eksternal wisata Taman Apung Mas Kemambang. Selain itu, terdapat prioritas strategi yang dilakukan dalam pengembangan wisata halal Taman Apung Mas Kemambang diantaranya merancang regulasi tentang destinasi pariwisata halal Kabupaten Banyumas, mengintegrasikan peran antar stakeholder dalam pengembangan Destinasi Pariwisata Halal, membentuk kelembagaan / organisasi / tim untuk mengembangkan potensi pariwisata halal, disusul dengan alokasi anggaran untuk mengembangkan potensi Destinasi Wisata Halal dan pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225340 |
| Uncontrolled Keywords: | Stakeholder, Strategi Analitycal Networking Process, Pariwisata Halal |
| Subjects: | C > C1009 Cultural tourism |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Ekonomi |
| Depositing User: | Mr IFAN MUARIF |
| Date Deposited: | 29 Aug 2025 04:16 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 04:16 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
