DIAS, Purwaningsih (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan E-KTP di Kecamatan Purwokerto Timur. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 Cover Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 Legalitas Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 Abstrak Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Download (969kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 Bab I Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 2 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
5 Bab II Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 2 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 Bab III Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 2 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 Bab IV Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 Bab V Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Download (972kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 Daftar Pustaka Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 Lampiran Dias Purwaningsih NIM F1B010114 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan publik merupakan unsur terpenting dalam tata kelola pemerintahan. Dibentuknya suatu pemerintahan, pada hakekatnya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien. Sehingga pelayanan yang diberikan haruslah mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang selanjutnya menimbulkan kepuasan.Maka dari itu kegiatan pelayanan dalam organisasi apapun harus senantiasa memperhatikan kualitas pelayanan. Karena kualitas pelayanan akan menjadi tolak ukur bagi sebuah organisasi.Kecamatan Purwokerto Timur merupakan suatu unit organisasi pelayanan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pemerintahan, pelayanan masyarakat berdasarkan pelimpahan,pelaksanaan pembinaan sebagai wewenang pemerintah dari bupati. Salah satu jenis pelayanan yang diberikan oleh Kecamatan Purwokerto Timur adalah pembuatan e-KTP. Dalam pelaksanaannya masih terdapat berbagai kendala yang menimbulkan kurang puasnya masyarakat dalam menerima pelayanan.Seperti lamanya waktu pembuatan yang tidak sesuai dengan ketentuan, rusaknya peralatan rekam data dan kurang tanggapnya pemberi layanan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Kecamatan Purwokerto Timur dituntut untuk dapat memberikan kualitas pelayanan yang sebaik mungkin sehingga para pengguna layanan dapat menilai apakah kinerja dengan harapan pelanggan sudah terpenuhi sehingga akan menimbulkan kepuasan. Dalam penelitian ini menggunakan metode survey yang dilaksanakan di Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Populasi masyarakat yang sudah mengurus e-KTP di Kecamatan Purwokerto Timur sebesar 57.881 orang. Dengan jumlah sampel sebesar 100 orang diambil secara accidental sampling di Kecamatan Purwokerto Timur. Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Purwokerto Timur berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan e-KTP. Peningkatan kualitas pelayanan akan meningkatkan kepuasan masyarakat dalam pembuatan e-KTP. Kualitas pelayanan pegawai di Kecamatan Purwokerto Timur sudah baik. Kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan dalam pembuatan e-KTP sudah menunjukkan cukup puas. Indikator kualitas pelayanan yang masih perlu diperbaiki/ditingkatkan, yaitu adalah pada indikator jaminan dan kasat mata.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16183 |
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Pembuatan e-KTP |
| Subjects: | P > P624 Public administration |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 03:46 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 03:46 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
