Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Social Media Marketing dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Produk Benih Seribuan

DAMAYANTI, Rizka (2025) Pengaruh Social Media Marketing dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Produk Benih Seribuan. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rizka Damayanti-A1A019004-Skripsi-2025.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizka Damayanti-A1A019004- Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizka Damayanti-A1A019004- Skripsi-2025.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rizka Damayanti-A1A019004- Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2026.

Download (335kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rizka Damayanti-A1A019004- Skripsi-2025.pdf
Restricted to Registered users only until 28 October 2026.

Download (283kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rizka Damayanti-A1A019004- Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2026.

Download (344kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizka Damayanti-A1A019004- Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rizka Damayanti-A1A019004- Skripsi-2025.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizka Damayanti-A1A019004- Skripsi-2025.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizka Damayanti-A1A019004- Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, minat belanja online di Indonesia semakin meningkat, terutama di tengah situasi saat ini, yang membuat masyarakat lebih percaya untuk bertransaksi di marketplace atau platform e-commerce. Maka dari itu para pelaku usaha harus dituntut memiliki ciri khas sendiri untuk menarik konsumen, untuk itu diperlukan inovasi pemasaran khususnya dalam media social sebagai sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan perluasan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen Benih Seribuan dan mengetahui pengaruh social media marketing dan content marketing terhadap minat beli produk Benih Seribuan. Metode dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Februari hingga Maret 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah Followers Benih Seribuan dan konsumen yang pernah membeli produk Benih Seribuan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik konsumen Benih Seribuan, ditemukan mayoritas konsumen adalah anak muda hingga dewasa sebanyak 62%, dengan latar belakang pekerjaan yang beragam, namun mempunyai kesamaan hobi atau ketertarikan pada kegiatan berkebun atau menanam. Hasil penelitian menunjukan Social media marketing dan content marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli produk Benih Seribuan dan berdasarkan nilai koefisien regresi, content marketing menunjukkan pengaruh yang lebih dominan dibanding social media marketing, artinya upaya yang dilakukan Benih Seribuan dalam memanfaatkan platform media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen, serta menciptakan konten yang relevan dan menarik (seperti tips berkebun, tutorial, atau informasi produk), terbukti efektif dalam menumbuhkan keinginan calon pembeli untuk memiliki produknya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A25454
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Content Marketing, Minat Beli
Subjects: M > M567 Motivation Psychology
P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mrs. Rizka Damayanti
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:36
Last Modified: 28 Oct 2025 06:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37857

Actions (login required)

View Item View Item