PUTRI, Annisya Septi Eka Hartini (2025) Pengaruh Self Efficacy, Self Regulated Learning (SRL), dan Digital Literacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Download (143kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Download (231kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 October 2026. Download (310kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Restricted to Registered users only until 29 October 2026. Download (480kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 29 October 2026. Download (437kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Download (230kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Download (245kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Annisya Septi Eka Hartini Putri_C1L021048_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 5 Purwokerto pada mata pelajaran ekonomi. Sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam mengaitkan konsep ekonomi dengan situasi nyata serta menunjukkan hasil belajar yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self efficacy, self regulated learning (SRL), dan digital literacy baik secara parsial maupun simultan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, serta menentukan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian terdiri dari 108 siswa kelas XI yang dipilih secara purposive sampling dari total populasi sebanyak 391 siswa tahun ajaran 2024/2025. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta uji elastisitas dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy dan self regulated learning (SRL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan tingkat sensitivitas masing-masing sebesar 0,4167% dan 0,3489%, sedangkan digital literacy tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Ketiga variabel secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan rasa percaya diri, kemandirian belajar, serta optimalisasi pemanfaatan teknologi digital melalui pembelajaran inovatif guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25488 |
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Digital Literacy, Self Efficacy, Self Regulated Learning (SRL) |
| Subjects: | C > C969 Critical thinking |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs ANNISYA SEPTI EKA HARTINI PUTRI |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:40 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:40 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
