Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Distribusi Waktu Belajar dan Jeda Istirahat terhadap Working Memory dan Beban Kognitif dengan Metode Eksperimen

PARDAMEAN, Octaviandy (2025) Pengaruh Distribusi Waktu Belajar dan Jeda Istirahat terhadap Working Memory dan Beban Kognitif dengan Metode Eksperimen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf

Download (508kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Octaviandy Pardamean_H1E021072_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf

Download (644kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2026.

Download (233kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2026.

Download (690kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2026.

Download (560kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2026.

Download (532kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] PDF (BabVI)
BAB-VI-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf

Download (446kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf

Download (454kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Octaviandy Pardamean-H1E021072-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh durasi jeda istirahat terhadap peningkatan working memory dan pemulihan kognitif, mengidentifikasi strategi distribusi waktu belajar yang paling optimal bagi mahasiswa, serta mengevaluasi hubungan antara kemampuan mengingat dengan tingkat usaha mental (beban kognitif) yang dirasakan selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen berupa desain faktorial eksperimen 22, sehingga eksperimen dilakukan dengan 4 treatment berbeda dan dengan kondisi distribusi belajar spaced (4 times repeated). Dalam eksperimen ini, desain penelitian yang digunakan menampilkan variasi pada durasi penyajian informasi dan jeda istirahat sebagai faktor perlakuan, dengan dua variabel hasil yang diamati, yaitu jumlah kata yang diingat dengan benar dan tingkat beban kognitif. Penentuan jumlah partisipan pada penelitian ini dilakukan menggunakan software G*Power versi 3.1.9.7, dengan metode Repeated Measures ANOVA (within-subjects). Analisis dilakukan secara a priori, yaitu untuk menghitung jumlah minimum sample yang dibutuhkan agar penelitian memiliki kekuatan statistik (power) yang cukup dalam mendeteksi efek yang diharapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jeda istirahat memiliki peran penting dalam meningkatkan working memory dan menurunkan beban kognitif mahasiswa. Jeda istirahat yang lebih panjang setelah sesi belajar memungkinkan otak melakukan mental rehearsal secara alami, sehingga memperkuat retensi informasi dan memulihkan kapasitas kognitif. Strategi belajar dengan durasi singkat dan jeda istirahat panjang terbukti paling efektif dalam mendukung retensi jangka panjang dan efisiensi mental. Selain itu, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kemampuan mengingat dan beban kognitif, yang berarti semakin baik kemampuan mengingat, semakin ringan beban kognitif yang dirasakan mahasiswa selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H25346
Uncontrolled Keywords: Distribusi Waktu Belajar, Jeda Istirahat, Working Memory, Beban Kognitif
Subjects: C > C559 College students
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mr. Octaviandy Pardamean
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:04
Last Modified: 21 Nov 2025 02:04
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38207

Actions (login required)

View Item View Item