PERMATASATRI, Nadya Ayu (2025) Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Pedagang Pasar Tradisional di Kabupaten Ciamis (Studi Kasus Pasar Manis Ciamis). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Download (119kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Download (276kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2026. Download (309kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2026. Download (257kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 21 November 2026. Download (350kB) |
|
|
PDF (BAB IV)
BAB IV_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Download (174kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Download (256kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Nadya Ayu P_A1A021004_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pasar tradisional merupakan wadah utama bagi masyarakat dalam mendistribusikan produk lokal. Pasar tradisional juga memiliki fungsi sebagai perputaran ekonomi daerah karena uang dari masyarakat dapat beredar secara cepat. Perkembangan teknologi dan persaingan semakin ketat membuat pasar tradisional harus terus beradaptasi supaya tetap bertahan. Kondisi tersebut membuat pasar tradisional mulai tergeser dengan pasar modern dan platform digital. Hal tersebut membuat kepuasan konsumen penting dilakukan agar pasar tradisional tetap mampu bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mempelajari karakteristik konsumen Pasar Manis di Kabupaten Ciamis (2) menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan Pasar Manis di Kabupaten Ciamis (3) mengetahui atribut apa saja yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Pasar Manis Ciamis. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Manis Ciamis (Pasar Subuh) yang berada di Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada bulan Juni sampai Juli 2025. Metode penelitian ini yaitu metode survei dengan sampel sebanyak 100 orang. Objek penelitian ini adalah kepuasan konsumen terhadap pelayanan pedagang di Pasar Manis (Pasar Subuh) Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, Customer Satisfaction Indeks (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen Pasar Manis didominasi oleh perempuan, termasuk usia produktif (26-50 tahun), alamat domisili di Kecamatan Ciamis, pendidikan terakhir sarjana, status pernikahan sudah menikah, pekerjaan PNS, pendapatan per bulan ≤ Rp1.000.000 dan Rp1.000.001 – Rp2.000.000, frekuensi belanja per bulan jarang (1-10 kali), dan biaya yang dikeluarkan ≤ Rp1.000.000. Tingkat kepuasan konsumen memiliki nilai 76,34% sehingga masuk ke dalam kategori puas. Atribut yang berada pada prioritas utama atau kuadran I yaitu Pasar Manis bersih dan tidak becek, adanya toilet yang bersih, dan adanya tempat sampah yang memadai.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | A25495 |
| Uncontrolled Keywords: | Pasar Tradisional, Pelayanan, Kepuasan Konsumen |
| Subjects: | C > C1020 Customer services |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
| Depositing User: | Mrs. Nadya Ayu Permatasari |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 06:48 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 06:48 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
