Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Utilization of Chain Drill Technique in Teaching Speaking Skill Using Personal Recount Text (A Descriptive Qualitative Study to Grade VIII A Students of MTs Ma’arif NU 1 Pekuncen in the Academic Year 2025/2026)

KANAFIKA, Aulia Rodiatul Janah (2025) The Utilization of Chain Drill Technique in Teaching Speaking Skill Using Personal Recount Text (A Descriptive Qualitative Study to Grade VIII A Students of MTs Ma’arif NU 1 Pekuncen in the Academic Year 2025/2026). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf

Download (584kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf

Download (696kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2026.

Download (605kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2026.

Download (655kB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2026.

Download (614kB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf

Download (615kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf

Download (658kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN_KANAFIKA AULIYA RODIATUL JANAH_J1E019059_THESIS 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana teknik Chain Drill digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan teks Personal Recount, kendala-kendala yang dihadapi guru selama proses pembelajaran, serta strategi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan kondisi nyata di kelas ketika teknik Chain Drill diterapkan. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa kelas VIII A. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena penelitian ini berupaya mendeskripsikan secara mendalam proses pembelajaran dan respons siswa selama penerapan teknik Chain Drill. Data penelitian dikumpulkan melalui tiga instrumen, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan selama tiga kali pertemuan untuk mencatat bagaimana teknik Chain Drill diterapkan di kelas. Wawancara dilakukan dengan guru bahasa Inggris untuk memperoleh informasi lebih mendalam mengenai prosedur yang digunakan, kesulitan yang muncul, serta strategi yang dilakukan untuk mengatasinya. Dokumentasi, seperti foto kegiatan, dan RPP, turut dikumpulkan untuk mendukung temuan dari observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik yang terdiri dari memahami data, membuat kode awal, mencari tema, mendefinisikan tema, dan membuat laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan teknik Chain Drill melalui tiga tahapan utama: pembukaan, pelaksanaan Chain Drill, dan penutup. Teknik ini terbukti mampu meningkatkan partisipasi siswa, mendorong mereka untuk berbicara, serta membantu meningkatkan kefasihan dan pelafalan. Siswa menjadi lebih percaya diri dalam berbicara karena teknik Chain Drill memberikan latihan lisan yang terstruktur dan berkelanjutan. Kendala yang ditemukan selama proses pembelajaran meliputi keterbatasan kosakata siswa, kesalahan pelafalan, serta kesulitan siswa dalam mempertahankan fokus. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menggunakan beberapa strategi seperti memberikan daftar kosakata, memodelkan pelafalan, memberikan pengulangan, dan memberikan bimbingan individual. Secara keseluruhan, penerapan teknik Chain Drill dalam pengajaran Personal Recount Text sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa serta membangun kepercayaan diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25294
Uncontrolled Keywords: Teknik Chain Drill, Keterampilan Berbicara, Penelitian Kualitatif, Personal Recount Text
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs. Kanafika Auliya Rodiatul Janah
Date Deposited: 25 Nov 2025 01:23
Last Modified: 25 Nov 2025 01:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38408

Actions (login required)

View Item View Item