Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Layanan Air dari PT. Aetra Air Jakarta Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Studi Kasus Putusan No. 006/A/BPSK-DKI/XII/2012)

SUBIANTORO, Vito (2017) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Layanan Air dari PT. Aetra Air Jakarta Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Studi Kasus Putusan No. 006/A/BPSK-DKI/XII/2012). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan undang-undang yang bersifat deksriptif analitis. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari bahan kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan ialah metode normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini pelaku usaha tidak memenuhi hak konsumen khususnya hak konsumen yang diatur di dalam Pasal 4 huruf c UUPK yaitu hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai biaya yang seharusnya dibayarkan serta Undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 4 huruf d yaitu hak untuk didengar pendapat dan keluhannya selaku pelanggan ia tidak pernah menunggak air. PT. Aetra Air Jakarta juga melanggar kewajibannya sebagai pelaku usaha, khususnya kewajiban yang terdapat dalam Undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 7 huruf b yaitu memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai biaya yang seharusnya dibayarkan serta Pasal 7 huruf c yaitu tidak memperlakukan atau melayani konsumen secara benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17232
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Air, UUPK
Subjects: C > C792 Consumer protection
L > L75 Law
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Anisa Sri Restanti
Date Deposited: 26 Nov 2018 02:32
Last Modified: 07 Jan 2020 04:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item