Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Perbaikan Abon Ayam Cap Jago Purwokerto Berdasarkan Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen

CHOIRUNISA, Destya (2019) Strategi Perbaikan Abon Ayam Cap Jago Purwokerto Berdasarkan Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
1.COVER-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
4.BAB-I-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (BabII)
5.BAB-II-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (BabIII)
6.BAB-III-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (BabIV)
7.BAB-IV-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] PDF (BabV)
8.BAB-V-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN-Destya Choirunisa-A1F015011-SKRIPSI-F. PERTANIAN 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UKM Abon Cap Jago merupakan UKM di Purwokerto yang memproduksi abon ayam. UKM ini memiliki potensi untuk dikembangkan karena permintaan produknya terus meningkat. Namun seiring dengan peningkatan tersebut, UKM ini semakin banyak mendapatkan pesaing. Untuk dapat memenangkan persaingan maka perlu dilakukan analisis tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen menggunakan marketing mix (bauran pemasaran) untuk mengetahui kelebihan serta kelemahan produk. Metode yang dapat digunakan untuk menilai tingkat kepuasan konsumen dan mengembangkan produk yaitu Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui profil konsumen abon ayam Cap Jago; 2) menentukan prioritas atribut yang harus diperbaiki dari produk abon ayam Cap Jago berdasarkan tingkat kesesuaian dan importance performance analysis; 3) menghasilkan rekomendasi strategi perbaikan abon ayam Cap Jago; dan 4) menganalisis indeks kepuasan konsumen terhadap produk abon ayam Cap Jago. Penelitian dilaksanakan di Usaha Kecil Menengah (UKM) Abon Cap Jago yang berlokasi di Kelurahan Purwanegara, Kabupaten Banyumas. Penelitian terdiri atas identifikasi profil konsumen, uji coba kuesioner, analisis tingkat kepuasan, kepentingan dan kesesuaian konsumen, serta penentuan indeks kepuasaan pelanggan. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga responden yang dipilih ialah konsumen yang pernah mengkonsumsi abon ayam Cap Jago minimal satu kali dalam tiga bulan terakhir. Jumlah responden sebanyak 100 orang, ditentukan menggunakan rumus Lemeshow. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mengetahui profil konsumen, kemudian uji validitas dan reliabilitas untuk uji coba kuesioner, uji tingkat kesesuaian, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen abon ayam Cap Jago didominasi oleh wanita, memiliki usia sekitar 21-30 tahun, pendidikan terakhir SMA/SMK, pekerjaan pegawai swasta, pendapatan ≥2-5 juta, keperluan membeli untuk konsumsi pribadi, dengan frekuensi pembelian 1 kali, dan jenis kemasan yang paling sering dibeli ialah kemasan plastik biasa. Atribut yang diamati pada variabel produk yaitu atribut rasa khas daging ayam, rasa manis pada abon ayam, rasa pedas pada abon ayam, tekstur abon ayam, aroma pedas pada abon ayam, warna abon ayam, ukuran kemasan abon ayam, dan umur simpan produk abon ayam. Pada variabel kemasan, terdiri atas jenis kemasan standing pouch, jenis kemasan plastik biasa, kemudahan membuka kemasan standing pouch, kemudahan membuka kemasan plastik biasa, kekuatan kemasan standing pouch, kekuatan kemasan plastik biasa, design label kemasan produk, informasi produk pada kemasan produk abon ayam. Sedangkan untuk variabel harga, terdiri atas atribut kesesuaian harga abon ayam standing pouch 80 gram (Rp. 15.000), kesesuaian harga abon ayam standing pouch 250 gram (Rp. 42.000), kesesuaian harga abon ayam plastik biasa 80 gram (Rp. 13.000), dan kesesuaian harga abon ayam plastik biasa 250 gram (Rp. 37.500). Adapun variabel terakhir yaitu tempat dan promosi, terdiri atas atribut pembelian dan ketersediaan produk di pasar swalayan, pembelian dan ketersediaan produk di rumah produksi, media promosi melalui pameran, dan pemberian diskon untuk pembelian jumlah banyak. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima atribut yang dirumuskan strategi perbaikannya berdasarkan tingkat kesesuaian terrendah dan atribut-atribut yang terdapat pada kuadran 1 diagram kartesius dari masing-masing variabel, yaitu pemberian diskon untuk pembelian jumlah banyak, kemudahan membuka kemasan plastik biasa, kesesuaian harga produk abon ayam standing pouch 250 gram (Rp. 42.000), umur simpan produk abon ayam dan tekstur abon ayam. Rekomendasi perbaikan yang dapat diberikan meliputi memberikan potongan harga, mengganti kemasan plastik menjadi zipper pouch, memberikan extra isi untuk kemasan standing pouch 250 gram, mengganti jenis kemasan dan juga menambahkan label saran penyimpanan serta mempertahankan kesegaran daging yang digunakan, memperhatikan waktu perebusan dan penggorengan yaitu masing-masing ±1 jam, serta penggunaan minyak yang tidak berulang. Nilai index kepuasan pelanggan yang didapatkan yaitu sebesar 73,86% yang menunjukkan bahwa indeks kepuasan pelanggan termasuk kedalam kriteria “puas”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A19260
Uncontrolled Keywords: Strategi, Abon Ayam,,Kepuasan,Kepentingan Konsumen
Subjects: C > C790 Consumer goods
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:55
Last Modified: 24 Dec 2021 14:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3860

Actions (login required)

View Item View Item