WATI, Hasnah Arlinda Kusuma (2025) Pengaruh Clash of Champions Terhadap Brand Awareness Ruangguru (Pada Komunitas X Academy & Clash of Champions). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Hasnah Arlinda -F1C021049-Skripsi-2025.pdf Download (117kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hasnah Arlinda-F1C021049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hasnah Arlinda-F1C021049-Skripsi2-025.pdf Download (494kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Hasnah Arlinda-F1C021049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Hasnah Arlinda-F1C021049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Hasnah Arlinda -F1C021049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Hasnah Arlinda-F1C021049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Hasnah Arlinda-F1C021049-Skripsi-2025.pdf Download (137kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hasnah Arlinda-F1C021049-Skripsi-2025.pdf Download (177kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hasnah Arlinda-F1C021049-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendekatan IMC menjadi salah satu strategi pemasaran yang seringkali dilakukan dengan memadukan berbagai fungsi pemasaran mulai dari advertising, personal selling, sales promotion, public relations, dan direct marketing. Ruangguru sebagai perusahaan startup Edutech melakukan strategi pemasaran melalui program Clash of Champions. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Clash of Champions menggunakan teori Integrated Marketing Communication. Dalam penelitian ini, IMC diukur melalui lima variabel utama: advertising, direct & digital marketing, personal selling, sales promotion, serta public relations. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi anggota komunitas X Academy & Clash of Champions. Sampel sebanyak 100 responden ditentukan melalui rumus Slovin, dengan pengukuran skala likert 1-5. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel (X) dengan variabel (Y) sebesar 0,510 dengan presentase pengaruh sebesar 51% terhadap variabel brand awareness (Y), sedangkan sisanya 49% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa variabel advertising pada program Clash of Champions tidak berpengaruh signifikan terhadap brand awareness Ruangguru.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F25442 |
| Uncontrolled Keywords: | Integrated Marketing Communication, Brand Awareness, Ruangguru, Clash of Champions |
| Subjects: | B > B337 Brand name products M > M80 Marketing |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs. Hasnah Arlinda Kusuma Wati |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 04:50 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 04:50 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
