KRISTIANI, Gabriella indah (2018) Profil Pemasaran Gula Kelapa Kristal pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Sajeng Mulyo Asal Desa Hargorojo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (113kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (BabII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf Download (150kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (984kB) |
Abstract
Kelompok Wanita Tani (KWT) Sajeng Mulyo merupakan salah satu penghasil gula kelapa kristal di Kabupaten Purworejo. Jumlah anggota pada KWT Sajeng Mulyo sebanyak 45 anggota. KWT Sajeng Mulyo memasarkan gula kelapa kristalsetiap bulannya sekitar lebih dari 3000 kilogram. Gula kelapa kristaloleh KWT Sajeng Mulyo dijual melalui pedagang perantara yang ada di Desa Hargorojo kepada konsumen yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta untuk di ekspor ke luar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi saluran pemasaran gula kelapa kristalasal Desa Hargorojo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, (2)Mengetahui besar marjin pemasaran gula kelapa kristal pada setiap saluran pemasaran, (3)Mengetahui saluran yang paling efisien berdasarkan efisiensi teknis dan ekonomis, (4) Mengidentifikasi struktur pasar pemasaran gula kelapa kristalpada KWT Sajeng Mulyo. Penelitian dilakukan di Desa Hargorojo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo dengan sasaran anggota KWT Sajeng Mulyo dan pedagang desa. Metode peneliitian yang digunakan adalah metode survey. Pengambilan sampel responden menggunakan metode purposive. Jumlah anggota KWT Sajeng Mulyo yang menjadi responden sebanyak 45 orang dan pedagang desa sebanyak 6 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis marjin pemasaran, analisis efisiensi teknis dan ekonomisdan analisis CR4. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat 3 saluran pemasarangula kelapa kristal asal Desa Hargorojo: Saluran ke-I yaitu Anggota KWT–KWT–Pedagang Besar–Eksportir (67%), saluran ke-II yaitu Anggota KWT–Pedagang Kecil–Pedagang Besar–Eksportir (31%), saluran ke-III yaitu Anggota KWT–Pedagang Besar–Eksportir (2%), 2) Marjin pemasaran saluran pemasaran I,II dan III sama yaitu sebesar Rp2.000,00/kg, 3) Saluran pemasaran gula kelapa kristal yang paling efisien terdapat pada saluran I, karena memiliki nilai indeks efisiensi teknis terkecil yaitu 6,17 dan indeks efisiensi ekonomis yaitu sebesar 9,00. 4) Struktur pasar pada tingkat anggota KWT Sajeng Mulyo dari sisi pembeli yang terbentuk adalah pasar monopsoni,pada tingkat pedagang kecil dari sisi pembeliadalah pasar oligopsoni ketatdanpada tingkat pedagang besar dari sisi pembeliadalah pasar oligopsoni ketat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A18115 |
Uncontrolled Keywords: | Gula Kelapa Kristal, Kelompok Wanita Tani (KWT), pemasaran |
Subjects: | M > M80 Marketing S > S805 Sugar |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 08:37 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3968 |
Actions (login required)
View Item |