Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banyumas)

HERTINA, Destri (2020) Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (COVER)
COVER-DESTRI HERTINA-F1B016033-Skripsi-2020.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-DESTRI HERTINA-F1B016033-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Destri Hertina-Skripsi-2020.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB I-DESTRI HERTINA-F1B016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-DESTRI HERTINA-F1B016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-DESTRI HERTINA-F1B016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-DESTRI HERTINA-F1B016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-DESTRI HERTINA-F1B016033-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Destri Hertina- F1B016033-Skripsi-2020.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-DESTRI HERTINA-F1B016033-SKRIPSI-2020 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)

Abstract

Pelayanan publik di Indonesia selama ini selalu syarat dengan permasalahan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik salah satunya adalah melalui KemenPanRB dengan menggencarkan penyelenggaraan pelayanan pada Mall Pelayanan Publik (MPP). Mall Pelayanan Publik pertama di Jawa Tengah telah diselenggarakan di Kabupaten Banyumas dengan melibatkan instansi vertikal dan horizontal terkait, hal ini didasari oleh penunjukkan langsung oleh KemenPanRB karena Kabupaten Banyumas dianggap mampu untuk menyelenggarakan MPP. Terobosan MPP oleh KemenPanRB dianggap sebagai suatu inovasi yang mampu menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan pelayanan publik, namun data lapak aduan Banyumas menunjukkan terjadi peningkatan jumlah aduan pada kategori perizinan sejak tahun 2018 sejumlah 16 aduan dan melonjak naik pada tahun 2019 menjadi sejumlah 34 aduan. Oleh karena itu, peneliti mengkaji penyelenggaraan pelayanan gerai DPMPPTSP di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyumas dengan menggunakan konsep inovasi pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi pelayanan publik pada DPMPPTSP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus terpancang. Pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan aksidental sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi serta metode analisis data menggunakan metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada fokus inovasi secara keseluruhan baik internal dan eksternal, DPMPPTSP menunjukkan progres yang baik dengan adanya upaya pengembangan inovasi mengenai penambahan jumlah layanan dan adanya kerjasama yang baik antar instansi vertikal dan horizontal yang terlibat. namun terkendala ada pada adanya ketidakpastian waktu saat penggantian prosedur dan terbatasnya sumber daya manusia. Sedangkan berdasarkan pada hasil temuan penelitian dan mengkaji keadaan lapangan dengan teori, inovasi Mall Pelayanan Publik terlihat pada peningkatan kepuasan masyarakat karena adanya MPP memudahkan dalam melakukan pelayanan serta adanya integrasi yang dilakukan oleh DPMPPTSP dengan instansi vertikal dan horizontal lainnya. Inovasi hanya sedikit terlihat karena penyelenggaraan MPP di daerah bukan berdasar pada inisiasi dari masing-masing pemerintah daerah, MPP hanya sebagai bentuk penyelenggaraan top down dari pemerintah pusat untuk kemudian dijalankan oleh pemerintah daerah. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, Perizinan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20130
Subjects: C > C432 Civil service
P > P641 Public officers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Destri Hertina
Date Deposited: 15 May 2020 13:58
Last Modified: 18 May 2020 16:35
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item