Strategi Perbaikan Produk Abon Sapi Cap Koki Menggunakan Analisis Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen

WULANSARI, Annisa (2019) Strategi Perbaikan Produk Abon Sapi Cap Koki Menggunakan Analisis Tingkat Kepuasan dan Kepentingan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
1.COVER - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - 2019.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (BabI)
4.BAB I - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (BabII)
5.BAB II - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (BabIII)
6.BAB III - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (BabIV)
7.BAB IV - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (BabV)
8.BAB V - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN - Annisa Wulansari - A1F015026 - SKRIPSI - FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)

Abstract

UKM Cap Koki merupakan industri pangan di Kabupaten Purbalingga yang memproduksi abon sapi. Selain terkenal abon sapi Cap Koki juga didukung oleh daya tarik konsumen yang semakin meningkat. Seiring dengan meningkatnya permintaan abon sapi, maka semakin meningkat pula persaingan dan tingkat kompetitif dari UKM sejenis. Penting bagi UKM Cap Koki untuk mengetahui positioning produk yang dihasilkan. Untuk dapat memenangkan persaingan, perlu dilakukan analisis tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen menggunakan bauran pemasaran untuk mengetahui kelebihan serta kelemahan produk. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan dan melakukan perbaikan atribut produk pada penelitian ini adalah Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengidentifikasi profil konsumen abon sapi Cap Koki; 2) Menganalisis tingkat kepuasan dan kepentingan konsumen abon sapi Cap Koki; 3) Menentukan atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan memberikan rekomendasi strategi perbaikan produk abon sapi Cap Koki; dan 4) Menganalisis indeks kepuasan konsumen abon sapi Cap Koki. Penelitian dilaksanakan di industri UKM Cap Koki, dan toko oleh-oleh sekitar Purbalingga dan Purwokerto. Penelitian terdiri atas identifikasi profil konsumen, analisis tingkat kepuasan dan kepentingan konsumen, analisis tingkat kesesuaian serta penentuan indeks kepuasaan pelanggan. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling, dengan jumlah responden sebanyak 200 orang dan ditentukan menggunakan rumus Lemeshow. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mengetahui profil konsumen, uji validitas dan reliabilitas untuk uji coba kuesioner, Importance Performance Analysis (IPA), uji tingkat kesesuaian, dan Customer Satisfaction Index (CSI). Atribut yang diamati pada variabel produk yaitu cita rasa khas daging sapi, cita rasa manis, cita rasa gurih, cita rasa pedas, aroma khas abon, tekstur berserat, warna abon, ukuran kemasan plastik, desain kemasan, jenis kemasan plastik, kewatean sesudah kemasan terbuka, infomasi keterangan logo halal pada kemasan, informasi nomer departemen kesehatan RI pada kemasan, informasi keterangan berat bersih pada kemasan, informasi cara penyajian pada kemasan, infomasi keterangan tanggal kadaluarsa pada kemasan, informasi keterangan komposisi bahan pada kemasan, kemudahan dalam membuka kemasan, kekuatan kemasan plastik, dan kepraktisan kemasan. Pada variabel harga yaitu, kesesuaian harga produk varian pedas, kesesuaiaan harga produk varian original, kesesuaian harga dengan kualitas produk, dan harga abon sapi cap koki dibanding produk abon lain. Pada variabel promosi yaitu promosi melalui brosur, promosi melalui media online, promosi dari mulut ke mulut, promosi melalui media elektronik, promosi diberikannya berat isi produk, promosi dengan memberikan hadiah, dan promosi diberikannya diskon. Adapun variabel terakhir yaitu variabel tempat, pembelian dan ketersediaan produk di toko oleh-oleh, pembelian dan ketersediaan produk di rumah produksi, pembelian dan ketersediaan produk di swalayan, pembelian dan ketersediaan produk di pasar tradisional, penjualan melalui media online, penjualan melalui reseller, dan kemudahan dalam mendapatkan produk di luar Purbalingga. Hasil identifikasi konsumen menunjukan bahwa konsumen abon sapi Cap Koki didominasi oleh konsumen yang berdomosili di Banyumas (48%), wanita (68%), berusia sekitar 31-40 tahun (29%), berstatus pernikahan menikah (74.5%), berpendidikan terakhir S1 (41.5%), berkerja sebagai pegawai swasta (25.5%), berpenghasilan ≥2-5juta perbulan (50.5%,), keperluan membeli untuk dikonsumsi pribadi (86.5%) dan mengetahui produk abon sapi Cap Koki dari teman (65.5%). Berdasarkan Importance Performance Analysis terhadap 4 variabel, atribut yang memiliki tingkat kepuasan tertinggi yaitu cita rasa khas daging sapi (4.57) dan atribut yang memiliki tingkat kepuasan terendah yaitu informasi keterangan komposisi bahan yang digunakan pada kemasan (2.02). Sedangkan atribut yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi yaitu informasi keterangan tanggal kadaluarsa pada kemasan (4.57) dan atribut yang memiliki tingkat kepentingan terendah yaitu informasi cara penyajian pada kemasan (2.87). Berdasarkan atribut prioritas, rekomendasi perbaikan yang dapat diberikan yaitu mencantumkan logo halal pada kemasan, mencantumkan informasi komposisi bahan pembuatan abon pada kemasan, melakukan pengendalian pada penggunaan gula, selalu memastikan bahwa minyak yang digunakan untuk menggoreng tetap dalam keadaan baik dan memperhatikan dan menetapkan waktu dan suhu yang digunakan untuk menggoreng abon, menggunakan alat atau mesin khusus pencetak tanggal kadaluarsa, memberikan diskon kuantitas dan musiman sebagai bentuk promosi, mengintensifkan promosi di media online dengan cara meng-update konten dengan koten yang menarik dan bermanfaat, dan mencantumkan akun media online yang digunakan UKM Cap Koki pada kemasan, brosur ataupun media lain yang dapat dengan mudah dibaca konsumen. Nilai index kepuasan pelanggan yang didapatkan yaitu sebesar 70.05%. Nilai ini menunjukkan bahwa indeks kepuasan pelanggan termasuk kedalam kriteria “puas”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A19359
Uncontrolled Keywords: Abon Sapi,Kepuasan, Konsumen
Subjects: C > C793 Consumers
S > S732 Strategic planning
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:02
Last Modified: 08 Jul 2020 02:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4426

Actions (login required)

View Item View Item