KARIMA F.F, Finda Izati (2018) Pengaruh Pengelolaan Kelas, Keaktifan Belajar dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (174kB) |
|
PDF (BabI)
BabI_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
PDF (BabII)
BabII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
|
PDF (BabV)
BabV_1.pdf Download (91kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengelolaan Kelas, Keaktifan Belajar dan Minat terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Purwokerto)”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan kelas, keaktifan belajar dan minat terhadap prestasi belajar ekonomi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dan kelas XI IPS sebanyak 147 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur yang menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa di SMA Negeri 2 Purwokerto. 2) Keaktifan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa di SMA Negeri 2 Purwokerto. 3) Minat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa di SMA Negeri 2 Purwokerto. Implikasi dari penelitian ini adalah demi mendukung dan menambah cakupan penelitian diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar menambah variabel dan melakukan penelitian di sekolah lain. Bagi guru perlu memperhatikan keadaan peserta didik saat mengajar, agar keaktifan belajar dan minat siswa dalam mata pelajaran ekonomi semakin tinggi, sehingga prestasi siswa semakin tinggi. Bagi sekolah sebaiknya memberikan pelatihan kepada guru terkait pengelolaan kelas, sehingga guru dapat mengelola kelas dengan baik dan prestasi belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18062 |
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas, Keaktifan Belajar, Minat, Prestasi Belajar. |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 02:38 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 02:38 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4548 |
Actions (login required)
View Item |