Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dilihat dari Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII A SMP Negeri 4 Purwokerto

RAHAYU, Puput Sri (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dilihat dari Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII A SMP Negeri 4 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar dilihat dari aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII A. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Purwokerto sebanyak 32 siswa. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar observasi, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peningkatan hasil belajar dilihat dari aktivitas belajar. Persentase angket aktivitas siswa pada siklus I 48,52% dengan kriteria kurang dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,57% dengan kriteria baik. Hasil belajar siklus I yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 10 siswa, nilai rata-rata sebesar 61,87 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 31,25%. Siklus II mengalami peningkatan menjadi 25 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM, nilai rata-rata sebesar 78,75, dan persentase ketuntasan belajar sebesar 78,13%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar dilihat dari akktivitas belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Purwokerto. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match hendaknya ditingkatkan lagi agar dapat lebih memahami secara keseluruhan langkah-langkah pembelajarannya. Guru hendaknya mengawasi siswa dengan lebih seksama selama kegiatan diskusi sehingga semua siswa menjawab dengan sungguh-sungguh. Pada saat mengikuti pembelajaran diharapkan siswa harus lebih aktif, lebih percaya diri dalam bertanya maupun mengungkapkan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18096
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS
Subjects: C > C843 Cooperative learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:58
Last Modified: 23 Jul 2020 07:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4612

Actions (login required)

View Item View Item