Strategi pemasaran susu pasteurisasi (Studi Kasus Koperasi Sapi Perah “PESAT” Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas)

NURJATI, Handy Natha (2017) Strategi pemasaran susu pasteurisasi (Studi Kasus Koperasi Sapi Perah “PESAT” Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
abstrak_1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampira_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

Susu segar merupakan salah satu komoditas pangan yang dihasilkan oleh industri peternakan yang dapat diolah menjadi susu pasteurisasi. Susu pasteurisasi yang diproduksi oleh Koperasi PESAT Karanglewas belum mampu dijadikan produk yang mampu bersaing dengan produk sejenis di pasar lokal sehingga volume produksinya masih sedikit. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk susu pasteurisasi di Koperasi PESAT, 2) mengidentifikasi alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran produk susu pasteurisasi di Koperasi PESAT, 3) mengidentifikasi strategi yang menjadi prioritas dalam pemasaran produk susu pasteurisasi di Koperasi PESAT. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penentuan tempat dilakukan secara sengaja (purposive). Data dianalisis menggunakan matriks IFE, matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan Matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan identifikasi lingkungan internal dan eksternal Koperasi PESAT dan diperhitungkan dengan matriks IE (InternalEksternal) dihasilkan faktor-faktor utama dengan skor tertinggi antara lain: a) kekuatan utama: harga tetap dan terjangkau, b) kelemahan utama: tingkat kemampuan dan profesional SDM kurang memadai, c) peluang utama: tarif impor susu menjadi 5%, d) ancaman utama: kecilnya hambatan bagi pendatang baru untuk memasuki industri pengolahan susu, 2) hasil perumusan strategi dengan matriks SWOT menghasilkan enam alternatif strategi yaitu a) menambah jaringan pemasaran dengan menambah distributor di Banyumas, b) merekrut tenaga kerja ahli muda dan profesional, c) menambah tenaga pemasaran dengan kendaraan yang dilengkapi dengan Refrigerated Box agar kualitas susu tetap terjaga, d) meningkatkan kegiatan promosi melalui media cetak dan elektronik secara berkelanjutan serta event-event di Banyumas, e) menciptakan inovasi-inovasi produk/diversifikasi produk dengan cara menyesuaikan produksi dengan daya beli dan selera masyarakat untuk meningkatkan penjualan dan memenangkan persaingan, f) membuka kedai susu milik Koperasi PESAT untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak, 3) berdasarkan matriks QSP diperoleh prioritas strategi yang dibutuhkan Koperasi PESAT yaitu menambah tenaga pemasaran dengan kendaraan yang dilengkapi dengan Refrigerated Box agar kualitas susu tetap terjaga dengan TAS sebesar 6,014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17102
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, susu pasteurisasi
Subjects: M > M384 Milk
M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 25 Oct 2018 07:05
Last Modified: 21 Dec 2021 03:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year