MAGISTRA, Shaliha Nur (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Koorperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VII di SMP N 8 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
PDF (Abtrak)
Abstrak_1.pdf Download (176kB) |
|
PDF (BabI)
BabI_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
PDF (BabII)
BabII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
PDF (BabV)
BabV_1.pdf Download (90kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaborasi yaitu peneliti sebagai observer, dan guru yang diteliti sebagai pelaku tindakan. Penelitian ini mengambil judul “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII D Di SMP Negeri 8 Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) kaitannya dengan prestasi belajar dan nilai rata-rata mata pelajaran IPS siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Purwokerto dan untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) kaitannya dengan ketuntasan belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Purwokerto. Subjek penelitian tindakan ini adalah kelas VII D SMP Negeri 8 Purwokerto tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa terdiri dari 14 siswa laki – laki, dan 19 siswi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII D SMP Negeri 8 Purwokerto tahun ajaran 2017/2018. Hal ini didukung oleh data penelitian yang menunjukan terdapat peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPS dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3. Ketuntasan belajar siklus 1 mencapai 55,88% lalu ketuntasan belajar menunjukan peningkatan pada siklus 2 yaitu sebesar 70,59% dan ketuntasan belajar menujukan peningkatan pada siklus 3 yaitu 79,41%. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat dijelaskan bahwa siklus 3 telah berhasil mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu penelitian tindakan akan berhasil apabila ketuntasan belajar telah mencapai atau lebih dari indikator ketuntasan 75% dari total siswa kelas VII D. Implikasi dari kesimpulan di atas adalah siswa mengalami kendala dalam pelaksanaan metode pembelajaran yaitu siswa cenderung bosan karena metode pembelajaran dilakukan 3 kali berturut-turut, maka dari itu untuk meminimalisir kebosanan harus diselingi oleh permainan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP N 8 Purwokerto, diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar menambah variasi dalam metode pembelajaran sehingga dapat mendukung dan semakin menambah cakupan penelitian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18158 |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Koorperatif, Numbered Heads Together (NHT), Prestasi Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement C > C843 Cooperative learning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 07:43 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:35 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4692 |
Actions (login required)
View Item |