Analisis risiko usaha budidaya ayam broiler dengan pola kemitraan inti-plasma di Desa Kebumen Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas

SARI, Fitri Marlinda (2017) Analisis risiko usaha budidaya ayam broiler dengan pola kemitraan inti-plasma di Desa Kebumen Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)

Abstract

Ayam broiler merupakan salah satu komoditas ternak yang berperan sebagai sumber protein hewani yang memiliki berbagai keunggulan, antara lain masa produksi yang relatif pendek, produktivitas tinggi, harga relatif murah dan permintaan daging ayam yang semakin meningkat seiring dengan kesadaran akan pentingnya gizi bagi masyarakat. Desa Kebumen merupakan salah satu desa yang masyarakatnya sebagian besar membudidayakan ayam broiler dengan pola kemitraan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pendapatan yang mampu diterima oleh peternak mitra, 2) mengidentifikasi sumber-sumber risiko produksi, 3) menganalisis risiko produksi pada budidaya ayam broiler yang bermitra di Desa Kebumen. Penelitian dilakukan pada bulan November sampai dengan Januari 2017. Penentuan responden menggunakan metode judgemental sampling dengan jumlah responden sebanyak 4 orang. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis biaya dan keuntungan, analisis risiko, dan distribusi poisson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keuntungan terbesar diterima oleh Bapak Suwito sebesar Rp. 59.532.526/tahun dengan kapasitas produksi 12.000 ekor/periode dan total biaya sebesar Rp. 440.920.618/tahun, keuntungan terendah diterima oleh Bapak Agus sebesar Rp. 26.049.879/tahun dengan kapasitas produksi 6.000 ekor/periode dan total biaya sebesar Rp. 210.432.074/tahun. Keuntungan per kilogram ayam broiler terbesar diperoleh oleh Bapak Rahmat sebesar Rp. 3.627/kg ayam broiler dan kuntungan terendah diperoleh oleh Bapak Bambang sebesar Rp. 1.315/kg ayam broiler, 2) Terdapat lima jenis sumber risiko produksi pada peternakan ayam broiler pola kemitraan di Desa Kebumen yaitu cuaca, penyakit, afkir, fluktuasi harga ayam broiler dan FCR yang melebihi standar, 3) Berdasarkan analisis distribusi poisson nilai probabilitas sukses 1 kali produksi tertinggi diperoleh oleh peternak mitra CIA yaitu Bapak Rahmat sebesar 27% dan nilai probabilitas sukses 1 kali produksi terendah diperoleh oleh peternak mitra Ciomas yaitu Bapak Agus sebesar 15%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17106
Uncontrolled Keywords: Analisis risiko, usaha budidaya ayam broiler, pola kemitraan inti-plasma
Subjects: C > C233 Chickens
R > R278 Risk
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 26 Oct 2018 03:58
Last Modified: 21 Dec 2021 03:26
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year