Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Fasilitas Belajar, dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja

APRILIAN, Anangga Yulio (2018) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Fasilitas Belajar, dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (BabI)
BabI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (BabII)
BabII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (BabV)
BabV_1.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka_1.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Judul Penelitian ini adalah “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Fasilitas Belajar dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja”. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah 153 siswa dengan perhitungan jumlah sampel sebanyak 51 siswa dari kelas X IPS, X MIPA, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPA. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data jawaban responden menunjukkan bahwa : 1) Status Sosial Ekonomi Orang Tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja. 2) Fasilitas Belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja. 3) Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja. Implikasi dari penelitian ini dimana untuk penelitian selanjutnya perlu menambahkan variabel bebas lainnya. Sebaiknya sekolah perlu memprioritaskan kebijakan yang berkaitan dengan status sosial ekonomi orang tua siswa, fasilitas belajar dan teman sebaya dari para siswa dengan menjalin kerja sama yang kuat dengan para orang tua siswa dalam mengatasi permasalahan yang terkait dengan sebagian siswa yang status sosial ekonomi orang tuanya dalam kategori rendah, menyediakan berbagai fasilitas belajar siswa secara lengkap serta membangun lingkungan pergaulan siswa di sekolah yang berorientasi pada pencapaian prestasi belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C18226
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Fasilitas Belajar, Teman Sebaya, Prestasi Belajar.
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 07 Aug 2020 06:52
Last Modified: 07 Aug 2020 06:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item View Item