WIDYARTIKA, Fajri Rifki (2019) Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Apoteker pada Layanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sokaraja, Baturraden, Sumbang, dan Kedungbanteng. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi--2019.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi-2019.pdf Download (93kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi-FIKES-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi-FIKES-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi-FIKES-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi-FIKES-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi-FIKES-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi-2019.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fajri Rifki Widyartika-I1C015094-Skripsi-FIKES-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang : Penilaian kualitas layanan kefarmasian dapat dilakukan dengan cara mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang sudah diterima dalam pemenuhan harapan masyarakat. Persepsi masyarakat menjadi faktor penting untuk membantu apoteker mengembangkan perannya dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran apoteker dalam sistem pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran (general awareness), persepsi, harapan, dan pengalaman masyarakat terhadap peran apoteker dalam memberikan layanan kefarmasian di Apotek Kecamatan Sokaraja, Baturraden, Sumbang, dan Kedungbanteng. Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan metode kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Penentuan apotek sebagai lokasi penelitian dilakukan stratified random sampling pada 23 apotek dan pengambilan sampel responden dengan accidental sampling kepada 110 responden. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner yang selanjutnya dilakukan skoring dan analisis univariat secara deskriptif. Kemudian dilakukan uji normalitas dan kategorisasi dengan berdasarkan nilai median. Hasil Penelitian : Analisis opini masyarakat terhadap peran apoteker di Apotek Kecamatan Sokaraja, Baturraden, Sumbang, dan Kedungbanteng memperoleh hasil diantaranya adalah sebanyak 65,45% masyarakat memiliki kesadaran (general awareness) yang baik, 63,64% memiliki persepsi baik, 59,09% memiliki harapan yang baik, dan 50% memiliki pengalaman yang baik terhadap peran apoteker pada layanan kefarmasian di apotek. Kesimpulan : Berdasarkan hasil yang diperoleh, kesadaran (general awareness), persepsi, harapan, dan pengalaman masyarakat terhadap peran apoteker di Apotek Kecamatan Sokaraja, Baturraden, Sumbang, dan Kedungbanteng cukup baik. Apoteker perlu menggunakan atribut praktik apoteker (jas atau name tag) di apotek untuk memudahkan masyarakat mengenali apoteker.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I19382 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Apoteker, Apotek, Layanan Kefarmasian |
Subjects: | P > P202 Pharmacy S > S230 Service industries |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi |
Depositing User: | Mr Supriyana Supriyana |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 09:02 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 09:02 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/4944 |
Actions (login required)
View Item |