Analisis Pengaruh Bentuk dan Lebar Speed Bump Terhadap Kecepatan Kendaraan di Area Permukiman

PUTRA, Aulia Himawan (2020) Analisis Pengaruh Bentuk dan Lebar Speed Bump Terhadap Kecepatan Kendaraan di Area Permukiman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf

Download (561kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aulia Himawan Putra-H1B015001-Skripsi-FT-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)

Abstract

Pengendara yang melewati jalan di sekitar permukiman seringkali tidak menghiraukan kecepatan kendaraan yang mereka gunakan, sehingga kondisi ini menyebabkan rawan kecelakaan karena seringnya pengendara memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan yang diizinkan (speeding). Menurut Nur (2017), dalam penelitiannya di Jl. Tirto Mulyo, Malang menjelaskan kondisi lalu lintas yang lengang di hari-hari biasa ditunjang dengan kondisi permukaan jalan yang baik membuat pengendara berpotensi memacu kendaraan dengan kecepatan melewati batas kecepatan maksimum di daerah permukiman. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan alat pengendali kecepatan yang bertujuan untuk mengendalikan atau mengurangi kecepatan kendaraan. Salah satu alat pengendali kecepatan yang bisa diterapkan di kawasan permukiman adalah speed bump. Pemasangan alat pengendali kecepatan vertikal pada daerah permukiman umumnya beraneka ragam bentuk dan dimensi, ada yang berbentuk trapesium dan ada juga yang berbentuk setengah lingkaran, tetapi pada umumnya tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan. Dari pemerintah sendiri belum ada evaluasi terkait standar yang telah ditetapkan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasangan speed bump terhadap kecepatan kendaraan pada kawasan permukiman. Serta dari berbagai bentuk speed bump yang terpasang di kawasan permukiman bagaimana hubungannya dengan kecepatan kendaraan dan dari berbagai variasi lebar speed bump yang terdapat di kawasan permukiman bagaimana hubungannya dengan kecepatan kendaraan. Speed bump yang diteliti adalah yang memiliki tinggi yang sama dan lebar yang bervariasi serta bahan atau material penyusun speed bump adalah beton dan bentuk yang diteliti adalah trapesium dan setengah lingkaran. Metode yang digunakan adalah survei lapangan untuk mendapatkan data dimensi dan bahan speed bump, data jarak pembagian area, dan data waktu tempuh kendaraan. Berdasarkan hasil analisis dari kurva hubungan kecepatan dengan bentuk speed bump diperoleh bentuk trapesium lebih baik dari bentuk setengah lingkaran dalam menurunkan kecepatan lalu dari kurva hubungan kecepatan dengan lebar speed bump diperoleh hasil semakin lebar speed bump maka kecepatan kendaraan semakin bertambah dan dari kurva hubungan kecepatan dengan lebar speed bump juga diperoleh hasil, speed bump yang dipasang pada semua lokasi yang menjadi objek penelitian sudah baik dalam menurunkan kecepatan karena mampu menurunkan kecepatan dari kecepatan normal sampai kecepatan ketika melewati speed bump. Secara umum untuk sepeda motor, speed bump dapat menurunkan kecepatan dengan rentang 10,94 km/jam sampai 14,33 km/jam atau 75,62% sampai 79,52% sedangkan untuk mobil penumpang, speed bump dapat menurunkan kecepatan dengan rentang 7,51 km/jam sampai 10,76 km/jam atau 75,24% sampai 79,77. Speed bump bentuk trapesium dengan lebar 90 cm direkomendasikan dalam pembuatan speed bump karena menghasilkan penurunan kecepatan terbesar dibanding lebar yang lain dalam penelitian ini. Kata kunci: kawasan permukiman, speeding, kecepatan, speed bump, bentuk speed bump, lebar speed bump

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H20097
Subjects: R > R285 Roads
S > S587 Speed
T > T257 Traffic regulations
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Aulia Himawan Putra
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:09
Last Modified: 19 Aug 2020 03:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5013

Actions (login required)

View Item View Item