NISA, Balgis Khairun (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Download (91kB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB-I-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB-II-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB-III-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB-V-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Balgis Khairun Nisa-C1M014010-Skripsi-FEB-2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja. Terdapat 13 siswa yang dikatakan belum tuntas (62,0%) dari 21 siswa dengan rata-rata sebesar 68,9. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS 2 melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar obervasi dan soal post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari nilai ranah kognitif pada siklus I sebesar 76,04 meningkat pada siklus II mencapai 85,52. Hasil belajar ranah kognitif yang meningkat juga dibuktikan dengan hasil uji beda paired sample ttest yaitu t hitung data awal dengan siklus I sebesar 0,009 dan t hitung siklus I dengan siklus II sebesar 0,005, yang berarti terdapat perbedaan antara rata-rata nilai siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, terdapat peningkatan nilai siswa pada siklus I dan sikus II. Presentase ketuntasan hasil belajar ranah kognitif pada siklus I sebesar 61,90% meningkat pada siklus II sebesar 85,71%. Persentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I memperoleh hasil sebesar 74,01% meningkat pada siklus II sebesar 79,28 %. Persentase hasil belajar psikomotorik pada siklus I memperoleh hasil sebesar sebesar 71,11% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,41%. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan berfikir kritis siswa dan keterampilan dalam memecahkan suatu masalah yang ada di lingkungan sekitar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (guru, siswa dan sekolah) di SMA Muhammadiyah 1 Sokaraja untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dan dapat memberkan motivasi dan dorongan kepada peserta didik untuk bisa berprestasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C18412 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Model pembelajaran, Problem based learning |
Subjects: | S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 03:42 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 03:42 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5236 |
Actions (login required)
View Item |