Faktor Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran Organik di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas

KHAIRUNNISA, Safira (2019) Faktor Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran Organik di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1.COVER-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BabI)
4.BAB I-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (BabII)
5.BAB II-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (BabIII)
6.BAB III-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7.BAB IV-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (BabV)
8.BAB V-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN-Safira Khairunnisa-A1A115008-SKRIPSI-FAPERTA 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)

Abstract

Sayuran organik merupakan komoditas hortikultura yang memiliki keunggulan yaitu terbebas dari residu pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan keamanan mengonsumsi sayuran organik, menyebabkan kebutuhan dan permintaan akan sayuran organik di pasar semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui karakteristik konsumen yang membeli sayuran organik di Kota Purwokerto 2) menganalisis faktor – faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian sayuran organik di Kota Purwokerto dan 3) mengetahui faktor yang paling dominan bagi konsumen dalam pembelian sayuran organik di Kota Purwokerto. Lokasi pengambilan data dilaksanakan di Moro, Rita Isola, Aroma, Cherry, dan Sunday Morning Gor Satria pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, sedangkan penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling yakni menggunakan accidental sampling. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Karakteristik konsumen pembeli sayuran organik di Kota Purwokerto yakni sebagian besar berumur antara 41 sampai 45 tahun, jenis kelamin perempuan, kebanyakan lulus Pendidikan tinggi, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, pendapatan konsumen antara Rp2.000.001,00 sampai Rp3.500.000,00 perbulan dan dengan intensitas pembelian sayuran organik sebanyak > 4 kali dalam satu bulan, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli sayuran organik di Kota Purwokerto terdiri dari delapan faktor, yaitu faktor individu, faktor distribusi, faktor produk, faktor promosi, faktor harga, faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologi, (3) Faktor yang paling dominan atau paling penting bagi konsumen dalam pembelian sayuran organik di Kota Purwokerto adalah faktor sosial dengan variabel kesadaran diri sendiri dalam mengkonsumsi sayuran organik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A19474
Uncontrolled Keywords: sayuran organik, perilaku konsumen, analisis faktor
Subjects: C > C793 Consumers
P > P668 Purchasing
V > V31 Vegetables
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:38
Last Modified: 21 Sep 2020 07:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5300

Actions (login required)

View Item View Item