FUAD, Helmi (2017) Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah di Badan Pertananahan Nasional Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (66kB) |
|
PDF (BabI)
BabI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
PDF (BabII)
BabII.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
PDF (BabIII)
BabIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
PDF (BabIV)
BabIV.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
PDF (BabV)
BabV.pdf Download (109kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Badan PertanahanNasional adalah sebuah organisasi Pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pelayanan sertifikasi tanah di Indonesia. Sertifikasi tanah diperuntukan untuk semua masyarakat yang mempunyai tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitias pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas yang dilihat dari indicator kualitaspelayananmenurutZheithaml et al, yakni tangibles (buktifisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Lokasi penelitian ini dilakukan di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas dengan jumlah keseluruhan responden sebanyak 100 orang. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan korelasi Product Moment, dan reliabilitas data menggunakan teknik Alpha Cronbach. Data kemudian dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dalam pembuatan sertfikat tanah di Badan Pertanahan Nasional masuk dalam kategori sedang yang dapat dilihat dari lima indicator yaitu: tangibles 62 %, reliability 53%, responsiveness 71%, assurance 76%, danemphaty 75%. Para Responden secara garis besar merasa bahwa kualitas pelayanan di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas sudah cukup baik. Meskipun demikian, masih perlu adanya penyederhanaan prosedur dalam pelayanan pembuatan sertifikat tanah, dan kualitas pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah harusditingkatkanterutama pada ketepatan waktu penyelesaian sertifikat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17502 |
Subjects: | L > L36 Land tenure Q > Q2 Quality control |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 03:22 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 03:22 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5795 |
Actions (login required)
View Item |