Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah di Badan Pertananahan Nasional Kabupaten Banyumas

FUAD, Helmi (2017) Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Sertifikat Tanah di Badan Pertananahan Nasional Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (BabI)
BabI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (BabII)
BabII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (BabV)
BabV.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DaftarPustaka.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Badan PertanahanNasional adalah sebuah organisasi Pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pelayanan sertifikasi tanah di Indonesia. Sertifikasi tanah diperuntukan untuk semua masyarakat yang mempunyai tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitias pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas yang dilihat dari indicator kualitaspelayananmenurutZheithaml et al, yakni tangibles (buktifisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Lokasi penelitian ini dilakukan di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas dengan jumlah keseluruhan responden sebanyak 100 orang. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan korelasi Product Moment, dan reliabilitas data menggunakan teknik Alpha Cronbach. Data kemudian dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dalam pembuatan sertfikat tanah di Badan Pertanahan Nasional masuk dalam kategori sedang yang dapat dilihat dari lima indicator yaitu: tangibles 62 %, reliability 53%, responsiveness 71%, assurance 76%, danemphaty 75%. Para Responden secara garis besar merasa bahwa kualitas pelayanan di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas sudah cukup baik. Meskipun demikian, masih perlu adanya penyederhanaan prosedur dalam pelayanan pembuatan sertifikat tanah, dan kualitas pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah harusditingkatkanterutama pada ketepatan waktu penyelesaian sertifikat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17502
Subjects: L > L36 Land tenure
Q > Q2 Quality control
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mr Fathu Rahman Rosyidi
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:22
Last Modified: 21 Oct 2020 03:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5795

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year