Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Tinggi Speed Bump terhadap Perubahan Kecepatan Kendaraan di Area Permukiman

IMRON, Ali (2020) Analisis Pengaruh Tinggi Speed Bump terhadap Perubahan Kecepatan Kendaraan di Area Permukiman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf

Download (869kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf

Download (279kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ali Imron-H1B015047-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan pertumbuhan daerah permukiman semakin pesat. Hal ini secara tidak langsung meningkatkan volume kendaraan di daerah permukiman. Di lingkungan permukiman pada saat jam sibuk masih ditemukan pengguna kendaraan bermotor yang mamacu kendaraannya melebihi batas kecepatan. Sedangkan kecepatan maksimum yang diizinkan di daerah permukiman menurut Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 111 tahun 2015 adalah 30 km/jam. Kecepatan kendaraan yang melebihi batas kecepatan yang diizinkan mengakibatkan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas di daerah permukiman. Untuk itu dibutuhkan speed bump yang bertujuan untuk mengurangi kecepatan kendaraan yang melintas di suatu area. Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh pemasangan speed bump terhadap penurunan kecepatan dan korelasi antara tinggi speed bump dengan perubahan kecepatan di kawasan permukiman. Objek penelitian ini dibagi menjadi 3 area yaitu area 1 (pada saat kecepatan kendaraan masih normal), area 2 (area dimana kendaraan mulai melakukan pengereman), area 3 (area di atas speed bump). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier dengan bantuan Ms.Excel. Data yang dikumpulkan adalah tinggi speed bump dan kecepatan sepeda motor dan mobil penumpang. Penelitian dilakukan pada 6 lokasi penelitian yang terbagi menjadi 4 lokasi dengan bentuk speed bump setengah lingkaran dan 2 lokasi dengan bentuk speed bump trapesium. Hasil penelitian didapatkan bahwa pemasangan speed bump berhasil menurunkan kecepatan kendaraan untuk jenis kendaraan sepeda motor dan mobil penumpang. Untuk jenis kendaraan sepeda motor, kecepatan turun antara 14,267 s.d 16,475 km/jam atau 68,646% s.d 83,052%. Sedangkan untuk mobil penumpang kecepatan kendaraan turun antara 9,565 s.d 12,180 km/jam atau 68,187% s.d 81,182%. Korelasi/hubungan antara tinggi speed bump dengan kecepatan kendaraan untuk bentuk trapesium dirumuskan y = -0,2726x + 5,6621 (untuk sepeda motor) dan y = -0,33x + 5,4904 (untuk mobil penumpang). Sedangkan untuk bentuk speed bump setengah lingkaran dirumuskan y = 8,3032e-0,08x (untuk sepeda motor) dan y = 0,0112x2 - 0,3734x + 5,8358 (untuk mobil penumpang), dimana x adalah tinggi speed bump dan y adalah kecepatan kendaraan di area 3. Korelasi/hubungan antara tinggi speed bump dengan penurunan kecepatan kendaraan untuk bentuk trapesium dirumuskan y = 1,0721x + 7,8983 (untuk sepeda motor) dan y = 0,7114x + 6,4891 (untuk mobil penumpang). Sedangkan untuk bentuk speed bump setengah lingkaran dirumuskan y = 0,2162x + 13,6 (sepeda motor) dan y = 0,2239x + 9,2081 (mobil penumpang), dimana x adalah tinggi speed bump dan y adalah penurunan kecepatan kendaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H20119
Uncontrolled Keywords: Tinggi Speed Bump, Kecepatan, Kendaraan,Permukiman
Subjects: H > H333 Human settlements
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Ali Imroon
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:19
Last Modified: 09 Nov 2020 04:19
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item View Item