Andrianto, Oki (2020) Intralingual Errors Found in the Use of Singular and Plural Nouns Made by First Grade Students of SMP Negeri 4 Purwokerto in the Academic Year of 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Oki Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Oki Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Oki Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Download (183kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Oki Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Oki Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Oki Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Oki Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Oki Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Oki Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Download (190kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Oki_Andrianto-J1E015044-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Intralingual Errors Found in The Use of Singular And Plural Nouns Made By First Grade Students of Smp Negeri 4 Purwokerto in The Academic Year of 2019/2020”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tipe kesalahan pembentukan singular dan plural noun yang dibuat siswa dalam menjawab test yang diberikan peneliti, dan (2) Mengetahui strategi guru dalam mengoreksi kesalahan pembentukan singular dan plural noun yang dibuat siswa dalam menjawab tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh lembar tes yang dijawab siswa kelas 7B SMP Negeri 4 Purwokerto pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 lembar tes. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis total sampling maka jumlah sampelnya sama seperti jumlah populasi secara keseluruhan. Kemudian, peneliti menggunakan tes, analisis dokumen, dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada empat tipe kesalahan pembentukan singular dan plural noun yang ditemukan dalam lembar tes yang dikerjakan oleh siswa. Tiga tipe tersebut adalah overgeneralization, ignorance of rule restriction, incomplete application of the rule and false concept hypothesized. Overgeneralization terjadi sebanyak 4 kali atau 4.4% dari jumlah seluruh kesalahan pembentukan singular dan plural noun. Kemudian, ignorance of rule restriction terjadi sebanyak 51 kali atau 56.6% dari jumlah seluruh kesalahan pembentukan singular dan plural noun. Selanjutnya, incomplete application of the rule terjadi sebanyak 10 kali atau 11.3 % dari jumlah seluruh kesalahan pembentukan singular dan plural noun. Yang terakhir false concept hypothesized terjadi sebanyak 25 kali atau 27.7% dari jumlah kesalahan pembentukan singular dan plural noun. (2) Guru menggunakan satu strategi dalam mengoreksi kesalahan singular and plural noun yang dilakukan siswa. Strategi tersebut adalah peer correction strategy.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J20109 |
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Singular dan Plural Noun, Strategi Guru |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Oki Andrianto |
Date Deposited: | 20 Nov 2020 01:41 |
Last Modified: | 20 Nov 2020 01:41 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6324 |
Actions (login required)
View Item |