HIDAYAT, Arif Rahmat (2020) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER___ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Download (240kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS__ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK__ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Download (407kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I__ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II__ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III__ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV__ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V__ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA_ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Download (501kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN__ARIF RAHMAT HIDAYAT_J1D015036_PTK_2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks dengan menggunakan model pembelajaran koopertaif tipe picture and picture pada kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Subjek penelitian ini, yaitu kelas VII B SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Peningkatan keterampilan tersenut dapat dibuktikan dengan adanya hasil keterampilan menulis teks deskripsi dan perubahan perilaku belajar siswa, yaitu siswa merasa lebih mudah, dan merasa lebih tertarik untuk membuat teks deskripsi, dan dapat membuat pembelajaran yang lebih menyenangkan, serta menumbuhkan motivasi, dan minat siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi dapat dilihat dari beberapa tahap, siklus I yaitu 70 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 50%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,75 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan ketrampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, menulis teks deskripsi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J20128 |
Subjects: | C > C716 Concept learning T > T62 Technical writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Arif Rahmat Hidayat |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 10:47 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 10:47 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6489 |
Actions (login required)
View Item |